PELAKSANAAN PROGRAM ARABIC MORNING DI MADRASH IBTIDAIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA

RITA HARYATI - NIM. 05420047, (2010) PELAKSANAAN PROGRAM ARABIC MORNING DI MADRASH IBTIDAIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PELAKSANAAN PROGRAM “ARABIC MORNING” DI MADRASH IBTIDAIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (923kB) | Preview
[img] Text (PELAKSANAAN PROGRAM “ARABIC MORNING” DI MADRASH IBTIDAIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (273kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah adanya anggapan siswa MI Wahid Hasyim bahwa pelajaran bahasa Arab merupakan pelajaran yang membosankan, sehingga dibentuk program Arabic Morning sebagai penunjang mata pelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, penulis terdorong untuk meneliti bagaimana pelaksanaan program tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan program Arabic Morning dan untuk pengetahui faktor pendukung serta faktor penghambatnya. Dengan penelitian ini diharapkan dapat memberi kontribusi pemikiran bagi perkembangan dan peningkatan mutu pengajaran bahasa Arab. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan latar MI Wahid Hasyim. Yang menjadi subyek penelitian adalah seluruh siswa MI Wahid Hasyim dan guru pengampu program Arabic Morning . Pengumpulan data dilakukan dengan observasi untuk mendapatkan data tentang gambaran umum sekolah dan proses pelaksanaan program Arabic Morning , wawancara kepada guru pengampu dan siswa, serta dokumentasi untuk mendapatkan data tentang gambaran umum sekolah dan lain-lain. Sedangkan teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis data secara deskriptif kualitatif melalui tahapan reduksi data, trianggulasi, display data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan pelaksanaan program Arabic Morning di MI Wahid Hasyim adalah untuk menumbuhkan semangat siswa dalam berbahasa Arab. Materi yang diajarkan yaitu kosakata yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Metode yang digunkana adalah metode bernyanyi yang merupakan salah satu dari metode langsung. Sedangkan medianya berupa media cetak dan elektronik. Penilaian dilakukan melalui harian, mingguan dan tahunan. Faktor pendukung dalam pelaksanaan program Arabic Morning adalah 1) Adanya fasilitas asrama, dimana siswa dilatih untuk berkomunikasi dengan bahasa Arab oleh pembinanya. 2) Penggunaan metode yang tepat, sesuai dengan kebutuhan siswa. 3) Adanya muhadloroh dan wisata bahasa, sebagai tempat dimana siswa mempraktekkan materi yang telah diajarkan. 4) Kedisiplinan guru pengampu, yang tegas dan bertanggungjawab. Sedangkan Faktor penghambat dalam pelaksanaan program Arabic Morning adalah 1) Kurangnya alokasi waktu, karena hanya 15 menit. 2) kurangnya pemanfaatan media yang tersedia, padahal sudah disediakan. 3) Jumlah siswa terlalu banyak, mulai kelas IVI digabung.Dari uraian diatas dapat dikatakan bahwa pelaksanaa program Arabic Morning sudah cukup baik, karena dapat memberikan motivasi siswa untuk belajar bahasa Arab, hal ini dapat terlihat dari antusias katika mengikuti kegiatan. Secara tidak langsung, perbendaharaan kata siswa meningkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Zainal Arifin Ahmad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: program Arabic Morning, pengajaran bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 03 Sep 2012 15:41
Last Modified: 05 Apr 2017 03:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3842

Actions (login required)

View Item View Item