PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SANTRI REHABILITASI NARKOBA DI PONDOK PESANTREN NURUL HAROMAIN KULONPROGO YOGYAKARTA

Muhammad Miftahur Rizqi, NIM: 13410216 (2019) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SANTRI REHABILITASI NARKOBA DI PONDOK PESANTREN NURUL HAROMAIN KULONPROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SANTRI REHABILITASI NARKOBA DI PONDOK PESANTREN NURUL HAROMAIN KULONPROGO YOGYAKARTA)
13410216_BAB_1_TERAKHIR_DAFTAR _PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SANTRI REHABILITASI NARKOBA DI PONDOK PESANTREN NURUL HAROMAIN KULONPROGO YOGYAKARTA)
13410216_BAB II_SD_SEBELUM_BAB_AKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMMAD MIFTAHUR RIZQI, Pendidikan Agama Islam Pada Santri Rehabilitasi Narkoba di Pondok Pesantren Nurul Haromain Kulon Progo Yogyakarta. SKRIPSI. Yogyakarta Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2013. Latar belakang dalam penelitian ini adalah Pendidikan Agama Islam adalah menjadi hak untuk setiap manusia yang mengaku beriman kepada Allah Swt. Begitu pula kepada para santri rehabilitasi narkoba. Pendidikan Agama Islam pada santri rehabilitasi narkoba adalah salah metode dalam rangkaian proses rehabilitasi yang termaktub dalam Undang-undang No 35 tahun 2009. Pengajaran Pendidikan Agama Islam pada santri rehabilitasi narkoba berbeda dengan pengajaran agama pada institusi sekolah formal lainya. Untuk itu bentuk pengajaran Pendidikan Agama Islam pada santri rehabilitasi narkoba menarik untuk dibahas dan dikaji mengingat Pendidikan Agama Islam dijadikan sebagai metode rehabilitasi para santri yang berbeda mental dan kejiwaanya pada santri lainya. Oleh karena itu perlu, perlu adanya penelitian mengenai bagaimana Pendidikan Agama Islam yang diberikan kepada para santri rehabilitasi narkoba yang berada di PONPES Nurul Haromain Kulon Progo. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research. Adapun penggumpulan datanya menggunakan metode observation partispant , deep interview dan dokumentasi. Analisiss data menggunakan metode deskriptif kualitatif Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pondok Pesantren Nurul Haromain sebagai sebuah lembaga rehabilitasi para korban pecandu narkoba menerapkan tiga metode untuk mengembalikan semula kondisi para pecandu narkoba. Metode itu adalah medis, spiritual dan bimbingan karir. 1) Proses pendidikan Agama islam dipondok Pesantren Nurul Haromain adalah salah satu proses rehabilitasi dan Pembelajaran pendidikan Agama Islam. Materi Pendidikan Agama yang diajarkan adalah materi seputar akhlak, fiqih, dan aqidah. 2) Metode mengajarkanya beragam, diantaranya adalah a) ceramah b) tanya jawab c) praktek d) amtsal e) Ta`dib dan ta`zhir f) sorogan g) Iqra h) menghafal. 3) faktor keberlangsungan pendidikan agama pada santri rehabilitasi dibagi kepada dua a) faktor pendukung yang merujuk pada dukungan keluarga, yayasan, pemerintah dan lingkungan pondok b) faktor penghmbat yang dibagi kepada faktor internal dan eksternal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Rofik.M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Rehabilitasi, Narkoba
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Sep 2020 09:44
Last Modified: 16 Sep 2020 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38442

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum