KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA DALAM AL-QUR’AN SURAT AT-TAHRIM AYAT 6 (Studi Komparasi Tafsir Al-Maraghi Karya Ahmad Musthofa Al-Maraghi Tafsir Al-quran Al-Adzim Karya Ibnu Katsir)

ELLY NURAENI, NIM. 14410146 (2019) KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA DALAM AL-QUR’AN SURAT AT-TAHRIM AYAT 6 (Studi Komparasi Tafsir Al-Maraghi Karya Ahmad Musthofa Al-Maraghi Tafsir Al-quran Al-Adzim Karya Ibnu Katsir). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA DALAM AL-QUR’AN SURAT AT-TAHRIM AYAT 6 (Studi Komparasi Tafsir Al-Maraghi Karya Ahmad Musthofa Al-Maraghi Tafsir Al-quran Al-Adzim Karya Ibnu Katsir))
14410146_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA DALAM AL-QUR’AN SURAT AT-TAHRIM AYAT 6 (Studi Komparasi Tafsir Al-Maraghi Karya Ahmad Musthofa Al-Maraghi Tafsir Al-quran Al-Adzim Karya Ibnu Katsir))
14410146_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK ELLY NURAENI. Pendidikan Islam Dalam Keluarga Dalam Al-Qur’an Suratat-Tahrim Ayat 6 (Studi Komparasi Tafsir Al-Maraghi Karya Ahmad Musthofa Al-Maraghi dan Tafsir Al-Qur’an Al-Adzim Karya Ibnu Katsir. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang penelitian ini berkaitan dengan Al-Qur’an surat At-tahrim ayat 6 yang menjelaskan tentang perintah Allah SWT kepada manusia. Salah satu tugas manusia adalah untuk menjaga diri dan keluarganya dari api neraka dengan menerapkan pendidikan agama Islam dalam keluarga. Berkaitan dengan tugas tersebut, maka perlu pemahaman mendalam tentang Pendidikan Agama Islam dalam keluarga. Oleh karena itu, adanya penelitian mengenai Pendidikan Agama Islam dalam keluarga sebagai sebuah jalan untuk mengkaji tentang perintah yang telah Allah tegaskan dalam ayat tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan penelitian kualitatif dengan menganalisis dan mengkomparasikan Tafsir Al-Maraghi Karya Ahmad Musthofa Al-Maraghi dan Tafsir Al-Qur’an Al-Adzim Karya Ibnu Katsir. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pendidikan Agama Islam dalam Tafsir Al-Maraghi Karya Ahmad Musthofa Al-Maraghi dan Tafsir Al-Qur’an Al-Adzim Karya Ibnu Katsir dan mengetahui persamaan antara tafsir Al-Maraghi dan Tafsir Al-Qur’an Al’Adzim karya Imam Ibnu Katsir tentang surat At-tahrim ayat 6 kaitannya dengan pendidikan islam dalam keluarga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. yakni penelitian yang kajiannya dilakukan dengan menelusuri dan menelaah literature atau sumber-sumber tertulis baik berupa buku-buku, majalah, dan jurnal-jurnal yang mempunyai hubungan dengan penelitian ini. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah teknik dokumentasi, yakni penulis menyelidiki benda-benda tertulis seperti buku-buku, majalah, dokumen, dan sebagainya. xi Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari penafsiran Imam Ahmad Al-Maraghi dan Ibnu Katsir, dalam tafsirnya yang dimaksud dengan perintah Allah kepada Manusia untuk menjaga diri dan keluarganya dari api neraka adalah: perintah untuk menjaga diri dan keluarga dari berbuat maksiat kepada Allah, Perintah untuk selalu taat kepada perintah Allah dan menjauhi laranganNya Perintah untuk membekali dirinya dan mendidik keluarganya tentang ilmu adab. Untuk mencapai hal tersebut maka penting adanya didalam keluarga untuk menerapkan pendidikan tentang ilmu ketauhidan, ilmu fiqh, ilmu akhlak, dan sejarah islam yang nantinya akan menjadi pondasi bagi diri dan keluarganya dalam menjalani perkembangan dalam setiap babak kehidupan hingga menjadi bekal di akhirat. Dari hasil analisis terhadap surat At-Tahrim ayat 6 dalam tafsir Al-Maraghi dan Ibnu katsir dapa ditarik kesimpulan bahwasanya yang dimaksud dengan perintah Allah SWT untuk menjaga diri dan keluarga dari api neraka adalah dengan membekali diri dan leluarga dengan ilmu agama beripa tauhid, fiqih atau syari’at, adab dan pemahaman sejarah islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mujahid
Uncontrolled Keywords: Tafsir, Pendidikan Agama Islam dalam Keluarga.
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Sep 2020 09:46
Last Modified: 16 Sep 2020 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38446

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum