PEMBINAAN AKHLAK SISWA KELAS VIII MELALUI MEDIA TULISAN DINDING DI LINGKUNGAN SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK

NIDA LABIBAH, NIM. 14410148 (2019) PEMBINAAN AKHLAK SISWA KELAS VIII MELALUI MEDIA TULISAN DINDING DI LINGKUNGAN SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN AKHLAK SISWA KELAS VIII MELALUI MEDIA TULISAN DINDING DI LINGKUNGAN SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK)
14410148_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN AKHLAK SISWA KELAS VIII MELALUI MEDIA TULISAN DINDING DI LINGKUNGAN SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK)
14410148_BAB II_BAB III'.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK NIDA LABIBAH. Pembinaan Akhlak Siswa Kelas VIII Melalui Media Tulisan Dinding di Lingkungan SMP Muhammadiyah 3 Depok. Skripsi. Yogyakarta : Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang masalah penelitian ini adalah merosotnya akhlak siswa semakin memprihatinkan seiring berkembangnya zaman, pengetahuan dan teknologi. Sekolah sebagai pendidikan formal siswa di tuntut untuk lebih jeli dalam mengaitkan media yang terdapat di lingkungan sekolah untuk membina akhlak siswa. Pembinaan akhlak siswa memerlukan proses yang bertahap karena akhlak tidak dapat lahir begitu saja secara tiba-tiba, tetapi memerlukan proses. Adapun prosesnya meliputi pengenalan, pemahaman, penerapan dan pembiasaan. SMP Muhammadiyah 3 Depok mempunyai misi yaitu membaiasakan aklahk mulia di manapun berada. Hal ini menarik untuk diteliti mengintat pembiasaan akhlak dapat dilakukan dimana saja dengan di dukung banyaknya tulisan dinding di lingkungan sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan mereduksi data, menyajikan data, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Proses pembinaan akhlak siswa melalui media tulisan dinding dilaksanakan melalui beberapa proses tahapan, Adapun tahapannya yaitu: pertama, Pengenalan. Pengenalan ini berisi tentang tulisan dinding berupa tulisan dinding yang ada di lingkungan sekitar. Kedua, Pemahaman. Pada proses ini siswa sudah mulai memahami tulisan dinding yang terdapat di lingkungan sekolah serta membuatnya sendiri. Ketiga, Penerapan. Penerapan yang telah dilaksanakan di lingkungan xii sekolah yaitu adanya penerapan sesuai poster kejujuran, Menjaga kebersihan, dan tidak coret-coret tembok sekolah. Dan yang terakhir Keempat, Pembiasaan. Pembiasaan yang dilaksanakan yaitu membaca do‟a menuntut ilmu setiap pagi, Pembiasaan berdoa meminta rizki setelah sholat dhuha, dan Pembiasaan Senyum Salam Sapa Sopan Santun sesuai poster. 2) Hasil pembinaan akhlak siswa melalui media tulisan dinding tercermin dalam aspek kejujuran, kedisiplinan, semangat dalam menuntut ilmu, dan akhlakul karimah. 3) Faktor Pendukung Pembinaan Akhlak Siswa Melalui Media Tulisan Dinding di Lingkungan SMP Muhammadiyah 3 yaitu kesadaran dari siswa, kepedulian siswa terhadap lingkungan sekitar, serta tulisan yang menarik untuk dibaca. Sedangkan faktor penghambatnya adanya watak negatif siswa, terbatasnya dana dalam pengadaan media tulisan dinding yang lebih beragam serta penempatan tulisan dinding yang kurang strategis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H, Sarjono., M..Si.,
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Akhlak, Media.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Sep 2020 09:46
Last Modified: 16 Sep 2020 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38447

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum