HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG STRATEGI SPIRITUAL TEACHING DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN SLEMAN

RAFI FATCHURROZAQ, NIM.14410172 (2019) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG STRATEGI SPIRITUAL TEACHING DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG STRATEGI SPIRITUAL TEACHING DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN SLEMAN)
14410172_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA_LAMPIRAN_DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (45MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TENTANG STRATEGI SPIRITUAL TEACHING DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS XI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN SLEMAN)
14410172_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Rafi Fatchurrozaq. Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Strategi Spiritual Teaching dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Motivasi merupakan penggerak utama seseorang dalam mencapai tujuan tertentu. Dalam kaitannya dengan kegiatan belajar mengajar, motivasi belajar sangatlah penting bagi siswa untuk membuatnya senang dan semangat untuk belajar. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasi belajar adalah penerapan Strategi Spiritual Teaching, seperti yang diterapkan di SMK Muhammadiyah Prambanan. Spiritual Teaching adalah rencana cermat melalui sebuah proses penyampaian dan penanaman pengetahuan atau keterampilan yang berkaitan dengan suatu mata pelajaran, kepada siswa yang dilakukan oleh guru dalam praktek model pembelajaran strategi spiritual dengan mencintai profesi dan anak didiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan tingkat motivasi belajar siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan (2) Untuk mendeskripsikan persepsi siswa tentang strategi spiritual teaching dalam pembelajaran PAI kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan (3) Menguji secara empiris hubungan antara persepsi siswa tentang strategi spiritual teaching dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan populasi siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan. Dengan tekhnik cluster random sampling diambil 125 siswa sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data menggunakan tekhnik angket, dokumentasi dan wawancara. Analisis data meliputi Analisis Deskriptif Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tingkat motivasi belajar siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan secara umum dikategorikan sedang dengan prosentase 32,8%. (2) Tingkat persepsi x siswa tentang Spiritual Teaching di SMK Muhammadiyah Prambanan secara umum dikategorikan cukup baik dengan prosentase 36%. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikansi antara persepsi tentang spiritual teaching dengan motivasi belajar kelas XI SMK Muhammadiyah Prambanan (p = 0,047 < 0,05; dan rhitung = 0,151 > rtabel pada taraf signifikansi 5%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Eva Latipah
Uncontrolled Keywords: Persepsi tentang Strategi Spiritual Teaching, Motivasi Belajar PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Sep 2020 09:46
Last Modified: 16 Sep 2020 09:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38448

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum