UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS DENGAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IIb MIN NGAWEN GUNUNGKIDUL (PENDEKATAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS)

ROFIDAH NURNANINGSIH - NIM. 07480023 E, (2010) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS DENGAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IIb MIN NGAWEN GUNUNGKIDUL (PENDEKATAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS DENGAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IIb MIN NGAWEN GUNUNGKIDUL (PENDEKATAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS))
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN MENULIS DENGAN MEDIA GAMBAR PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IIb MIN NGAWEN GUNUNGKIDUL (PENDEKATAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS))
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah idealnya anak yang memiliki prestasi bahasa Indonesia bagus ia juga mempunyai intelegensi dan sikap yang bagus terhadap pelajaran bahasa Indonesia. Namun, pada kenyataannya ada siswa yang memiliki prestasi bahasa Indonesia kurang bagus. Oleh karena itu, saya perlu mengadakan penelitian, mengenai PTK (penelitian tindakan kelas). Penelitian tindakan kelas ini mengambil subyek siswa kelas IIb di MIN Ngawen Gunungkidul. Fokus pada penelitian ini adalah penggunaan media gambar dalam upaya meningkatkan kemampuan membaca dan menulis. Pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan catatan lapangan. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan bahwa implementasi tindakan kelas berupa penggunaan media gambar dapat meningkatkan kemampuan membaca dan menulis. Untuk mencapai tujuan penelitian tindakan kelas, dilakukan proses pengkajian berdaur terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan (planning), aksi atau tindakan (scting), observasi (observing), refleksi (reflecting). Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pembelajaran membaca dan menulis dengan media gambar adalah salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa untuk memilih media gambar yang diinginkan. (2) Pada saat pelaksanaan pembelajaran guru banyak melibatkan siswa untuk aktif memilih edia gambar lalu ditulis, itu gambar apa lalu dibaca. (3) Media gambar mampu eningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Sri Haryatmo, M. Hum.
Uncontrolled Keywords: penelitian tindakan kelas, penggunaan media gambar, peningkatan kemampuan membaca dan menulis
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 11 Sep 2012 14:53
Last Modified: 17 Jan 2017 07:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3845

Actions (login required)

View Item View Item