PENGANTAR EDITOR PENGEMBANGAN ILMU PENDIDIKAN: REVITALISASI TEMA KAJIAN SKRIPSI JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Suwadi, . (2012) PENGANTAR EDITOR PENGEMBANGAN ILMU PENDIDIKAN: REVITALISASI TEMA KAJIAN SKRIPSI JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. In: TEMA KAJIAN SKRIPSI. Bunga Rampai (-). Jurusan PAI Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Yogyakarta, i-xxxvii. ISBN 978-602-9073-31-7

[img]
Preview
Text
Suwadi - PENGANTAR EDITOR PENGEMBANGAN ILMU PENDIDIKAN REVITALISASI TEMA KAJIAN SKRIPSI JURUSAN PENDIIDKAN AGAMA ISLAM.pdf - Published Version

Download (23MB) | Preview

Abstract

Alhamdulil/ah, segala puji dan syukur semata kepada Allah SWT yang berhak untuk memilikinya. Tuhan pemilik segala kemuliaan, kesempurnaan dan hikmah telah melimpahkan keselamatan dan kesejahteraan kepada para utusan-Nya, kepada umat manusia yang· menyatakan ketundukan dan kepatuhan kepada-Nya secara tulus dan merealisasikannya dalam komitmen yang kokoh pada pemberdayaan dan pendi_dikan umat manusia, serta perbaikan peradaban secara berkelanjutan. Buku yang ada di tangan pembaca, sesungguhnya merupakan suatu upaya kreatif persembahan dari Jurusan Pendidikan Agama Islam di tahun 2012, dengan mengajak para mahasiswa, dosen dan kaum akademisi serta praktisi pendidikan agama Islam yang memiliki kegelisahan mendalam atas persoalan-persoalan kajian pendidikan Agama Islam. Persoalan ini disajikan dalam bentuk tema kajian yang berkontribusi atas dinamika persoalan­persoalan pendidikan agama Islam yang diekspresikan dalam wujud karya. Komitmen dari para mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam dalam menyusun skripsi, tercermin dalam abstrak skripsi yang dikelola oleh tim dalam bentuk buku ini. Tradisi menyajikan karya abstrak skripsi ini telah pula dilakukan oleh para pendahulu yakni Sarjono dan Karwadi yang berjudul Meneropong Karya Mahasiswa. Buku ini diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah Jurusan Pendidikan Agama Islam UIN Su nan Kalijaga tahun 2006. Pada tahun 2007 terbit juga buku kumpulan abstrak skripsi mahasiswa yang berjudul Pendidikan Islam dalam Cakrawala Mahasiswa ditulis oleh Sarjono dan lchsan. Sementara itu dalam berbagai karya artikel dan penelitian yang langsung bersinggungan tentang skripsi ini ditulis oleh Muqowin dan Suwadi. Gagasan Muqowim (2002: 111- 132) tentang kecenderungan kajian pendidikan Islam dimuat dalam jurnal PAI berjudul Kecenderungan Kajian Pendidikan Islam Di Yogyakarta: Studi atas Skripsi Mahasiswa Jurusan PAl Fakultas Tarbiyah JAIN Sunan Kalijaga Tahun 1991 - 2000. Sedangkan untuk karya penelitian individual ditulis oleh Suwadi tahun 2011. Karya penelitian individual Suwadi ini mengkaji tentang kompetensi lulusan Jurusan PAI menjadi teacher as researcher melalui penyelesaian skripsi mahasiswa S-1 yang diramu dalam penelitian berjudul Revitalisasilu/usan Ca/on Guru Sebagai Peneliti: Studi Kasus Penyelesaian Skripsi (S-1) Pada Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan U/N Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dari empat karya yang telah ada, pada tahun 2012 ini dilanjutnya tradisi menghimpun abstrak skripsi mahasiswa dalam bentuk buku agar dapat diakses oleh para mahasiswa dan pemerhati serta peneliti pendidikan. Pengantar buku ini berjudul "Pengembangan llmu Pendidikan: Revitalisasi Terna Kajian Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam". Judul ini setidaknya mengandung dua hal, yakni bagaimana menghidupkan kembali tema kajian Pendidikan Agama Islam dengan melihat dari tema kajian yang ada, dan bagaimana membekali para lulusan Jurusan PAI itu memiliki kompetensi sebagai guru yang berjiwa peneliti. Fokus pertama pada pengembangan keilmuan pendidikan sementara yang kedua menyongsong perubahan dan perbaikan praksis pendidikan agama Islam yang harus dikembang

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Buku
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Feb 2020 14:41
Last Modified: 19 Feb 2020 14:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38450

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum