PEMBELAJARAN MUHADASAH DAN RELEVANSINYA DENGAN KOSAKATA POPULER DI KALANGAN SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA

ROISUDIN - NIM. 05420003 , (2010) PEMBELAJARAN MUHADASAH DAN RELEVANSINYA DENGAN KOSAKATA POPULER DI KALANGAN SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN MUHAADASAH DAN RELEVANSINYA DENGAN KOSAKATA POPULER DI KALANGAN SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA (Studi Pada Siswa Kelas VI Tahun Pelajaran 2009-2010))
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN MUHAADASAH DAN RELEVANSINYA DENGAN KOSAKATA POPULER DI KALANGAN SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA (Studi Pada Siswa Kelas VI Tahun Pelajaran 2009-2010))
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)

Abstract

Rencana pimpinan SDIT Luqman Al Hakim untuk mewujudkan hari bahasa perlu didukung oleh semua pihak. Rencana tersebut idealnya diikuti dengan pola pembelajaran bahasa Arab yang berorientasi pada penguasaan bahasa asing sebagai alat komunikasi. Akan tetapi berdasarkan observasi awal yang penulis lakukan para siswa belum mampu bercakap-cakap dengan bahasa Arab. Realita di atas menimbulkan tanda tanya besar yaitu bagaimana pembelajaran muhadatsah di SDIT Luqman Al Hakim dan apakah materi pembelajaran yang diajarkan relevan dengan kosakata yang sering digunakan dalam percakapan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kosakata dalam materi muhadatsah mengetahui kosakata populer dikalangan siswa dan relevansi antara kosakata dalam materi muhadatsah dengan kosakata populer di kalangan kelas VI SDIT Luqman Al Hakim. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru pada semua pihak yang terlibat dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya SDIT Luqman Al-Hakim sebagai tempat dilaksanakannya penelitian ini. Ditinjau dari jenisnya penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Sedangkan ditinjau dari jenis datanya termasuk penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan metode induktif dan komparatif dengan teknik analisis deskriptif, yaitu mendeskripsikan dan menganalisa data dengan kata-kata atau kalimat yang dipisah-pisahkan menurut kategori agar diperoleh suatu kesimpulan. Metode induktif digunakan untuk mengetahui kosakata dalam materi muhadatsah dan kosakata popular di kalangan siswa SDIT Luqman Al Hakim, sedangkan analisis komparatif digunakan untuk menganalisis dan membandingkan antara kosakata dalam materi muhadatsah dan kosakata popular di kalangan siswa SDIT Luqman Al Hakim. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebagian besar kosakata dalam materi muhadatsah relevan dengan kosakata popular di kalangan siswa.. Meskipun ditemukan beberapa kosakata kata yang tidak relevan. Hal itu disebabkan buku yang menjadi rujukan utama pembelajaran di desain untuk Madrasah Ibtidaiyyah, sedangkan SDIT Luqman Al Hakim menerapkan full day school dan kurikulumnya merupakan perpaduan antara kurikulum Departemen Pendidikan Nasional dan kurikulum Departemen Agama. Di samping itu, ada beberapa kosakata yang terjadinya di luar jam sekolah. Beberapa solusi yang ditawarkan anatara lain, hendaknya materi-materi yang kurang relevan diganti dengan kosakata yang lebih aplikatif, siswa diberi kamus kosakata dan percakapan sederhana yang berkaitan dengan aktifitas mereka di sekolah, siswa diberi kesempatan untuk mempraktekkan kemampuan bahasa Arabnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: H Tulus Musthofa Lc. M.A.
Uncontrolled Keywords: pembelajaran bahasa Arab, penguasaan bahasa asing
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 04 Sep 2012 09:12
Last Modified: 05 Apr 2017 03:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3846

Actions (login required)

View Item View Item