IMPLEMENTASI PENILAIAN PROYEK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS X SMA N 3 YOGYAKARTA

Muhamad Sidiq, NIM: 15410056 (2019) IMPLEMENTASI PENILAIAN PROYEK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS X SMA N 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN PROYEK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS X SMA N 3 YOGYAKARTA)
15410056_BAB-I_IV-atau-_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENILAIAN PROYEK DAN IMPLIKASINYA TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN PAI KELAS X SMA N 3 YOGYAKARTA)
15410056_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK MUHAMAD SIDIQ. Implementasi Penilaian Proyek dan Implikasinya Terhadap Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas X SMA Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang penelitian ini adalah dalam proses pembelajaran, seorang guru harus mampu menggunakan metode pembelajaran yang tepat. selain itu penggunaan sistem penilaian yang tepat juga sangat penting dalam mencapai tujuan pembelajaran, karena dengan melakukan penilaian seorang guru dapat mengetahui sejauh mana pengetahuan siswa terhadap materi yang telah diajarkan. Dengan penilaian pula evaluasi dapat dilakukan dengan efektif dan efisien. Salah satu tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan daya kreativitas siswa Untuk mewujudkan tujuan tersebut guru PAI SMA Negeri 3 Yogyakarta menerapkan salah satu jenis penilaian, yaitu penilaian proyek dengan tujuan untuk menilai aspek psikomotor siswa dan mengembangkan kreativitas siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi penilaian proyek dan implikasinya terhadap kreativitas siswa. Hal ini menarik untuk diteliti supaya guru-guru yang lain dapat mencontoh apa yang dilakukan guru di SMA Negeri 3 Yogyakarta dalam mengembangkan kreativitas siswanya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) penerapan penilaian proyek di SMA Negeri 3 Yogyakarta dalam mata pelajaran PAI telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan oleh guru. Terlihat dari antusias siswa dalam mengerjakan penilaian proyek tersebut. Hal tersebut juga sesuai dengan karakter siswa SMA Negeri 3 Yogyakarta yang sangat senang untuk menganalisis dan memecahkan masalah. 2) penerapan penilaian ini juga berdampak baik terhadap daya kreativitas siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari kemampuan siswa dalam memecahkan masalah, kemampuan siswa dalam berdiskusi, kemampuan siswa dalam mempresentasikan hasilnya, rasa percaya diri yang tinggi, kemampuan dalam berimajinasi, dan meningkatkan rasa ingin tahu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Penilaian Proyek, Implikasi, Kretaivitas, Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Sep 2020 10:39
Last Modified: 18 Sep 2020 10:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38466

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum