HUBUNGAN ANTARA LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP ISLAM KREMBUNG SIDOARJO TAHUN AJARAN 2018/2019

USWATUN KHASANAH, NIM. 15410058 (2019) HUBUNGAN ANTARA LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP ISLAM KREMBUNG SIDOARJO TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP ISLAM KREMBUNG SIDOARJO TAHUN AJARAN 2018/2019)
15410058_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA-1.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP ISLAM KREMBUNG SIDOARJO TAHUN AJARAN 2018/2019)
15410058_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK USWATUN KHASANAH. Hubungan Latar Belakang Pendidikan Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP Islam Krembung Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pendidikan siswa yang berbeda-beda sebelum masuk pada sekolah tingkat menengah. Terlihat pada siswa di SMP Islam Krembung Sidoarjo bahwa beberapa siswa ada yang berlatar belakang pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan ada pula yang berlatar belakang pendidikan Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris hubungan antara latar belakang pendidikan siswa dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Islam Krembung Sidoarjo Tahun Ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Islam Krembung Sidoarjo yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 207 siswa, sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling purposive dengar jumlah sampel sebanyak 60 siswa. Adapun dalam pengumpulan datanya mengunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif, analisis kualitatif, dan analisis korelasi point biserial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Latar belakang pendidikan siswa sebelum memasuki sekolah diSMP Islam Krembung Sidoarjo mempunyai dampak yang negatif dalam kegiatan belajar mengajar dalam kelas. Guru sering mengalami kesulitan dalam mengkondusifkan keadaan dalam kelas. Siswa masih terbiasa dengan kondisi lingkungan sebelumnya dan seringkali tidak memperhatikan guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada saat menerangkan dan menjelaskan materi pelajaran. 2) Tingkat prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMP Islam Krembung berada pada kategori Baik. Siswa dengan nilai rendah 1,7%. Siswa yang berada pada kategori sedang sebanyak 96,7%, pada kategori Tinggi sebanyak 1,7%. 3) Ada hubungan yang signifikan antara latar belakang pendidikan siswa dengan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Islam Krembung Sidoarjo. Nilai korelasi point biserial menunjukkan angka sebesar -0,623, angka ini menunjukkan adanya hubungan yang kuat dan negatif (berlawanan) antara latar belakang pendidikan siswa dengan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa SMP Islam Krembung Sidoarjo. Tingkat signifikansinya menunjukkan angka p = 0,00 < 0,05 ini berarti hubungan yang terjadi antara kedua variabel signifikan pada taraf kesalahan 5%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Tasman Hamami, MA
Uncontrolled Keywords: latar belakang pendidikan, prestasi belajar, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Sep 2020 10:40
Last Modified: 18 Sep 2020 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38468

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum