USAHA-USAHA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBINA SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR PAI (Studi Kasus di SMU Muhammadiyah 1 Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010)

SAPTA ADI PUTRA - NIM. 03470623, (2010) USAHA-USAHA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBINA SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR PAI (Studi Kasus di SMU Muhammadiyah 1 Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (USAHA-USAHA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBINA SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR PAI (Studi Kasus di SMU Muhammadiyah 1 Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010))
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (636kB) | Preview
[img] Text (USAHA-USAHA GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMBINA SISWA YANG MENGALAMI KESULITAN BELAJAR PAI (Studi Kasus di SMU Muhammadiyah 1 Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010))
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari wawancara dengan seorang guru Bimbingan dan Konseling di SMU Muhammadiyah 1 Klaten, maka peneliti mempunyai sebuah ide untuk membuat skripsi dengan dengan data-data siswa yang mengalami kesulitan belajar PAI yang merupakan siswa naik kelas bersyarat. Sampel yang digunakan adalah semua siswa yang mengalami kesulitan belajar PAI dari kelas X dan XI yang berjumlah 23 siswa yang saat diteliti siswa tersebut telah naik ke kelas XI dan XII. Dua puluh tiga siswa tersebut merupakan siswa naik bersyarat karena mempunyai nilai pada materi pelajaran PAI di bawah Standar Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 7,00. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih dekat faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya kesulitan belajar PAI, usaha bimbingan dan konseling dalam membina siswa yang mengalami kesulitan belajar PAI, dan hasil usaha-usaha guru bimbingan dan konseling dalam membina siswa yang mengalami kesulitan belajar PAI di SMU Muhammadiyah 1 Klaten Pada Tahun Ajaran 2009/2010. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi untuk mendapatkan data yang digunakan sebagai acuan penelitian , interview dengan guru BK, dan PAI, angket berupa daftar pertanyaan yang harus dijawab oleh siswa yang bermasalah, dan dokumentasi sebagai pelengkap penelitian. Hasil dari metode tersebut kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. BK memberikan wewenang sepenuhnya kepada Peneliti untuk memberikan kemajuan bagi penanganan siswa bermasalah dengan ketentuan penelitian merupakan usaha-usaha yang dilakukan oleh BK atau wewenang dari pihak BK SMU Muhammadiyah 1 Klaten. Peneliti kemudian mengonsultasikan kepada guru PAI di sekolah tersebut untuk segera menangani kasus tersebut. Usaha yang dilakukan diantaranya adalah tutorial sebaya, praktik sholat dan wudhu, pondok ramadhan, dan ekstra kurikuler PAI. Hasil yang diperoleh dari penelitian tersebut adalah berhasilnya usaha yang dilakukan Bimbingan dan Konseling dalam mengatasi kesulitan belajar PAI dengan semakin bertambah pengetahuan siswa terhadap pelajaran PAI di sekolah tentang baca tulis Al-Qur'an, pemahaman tajwid, bacaan dalam sholat fardhu dan sholat sunah, serta doa-doa setelah sholat. Guru BK memberikan nilai remidiasi untuk siswa bermasalah tidak boleh melebihi KKM yaitu 7,00 karena pertimbangan khusus yang merupakan suatu proses dalam pendidikan yang sifatnya adalah mendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dr. H. Maragustam Siregar, M.A,
Uncontrolled Keywords: guru Bimbingan dan Konseling, kesulitan belajar PAI
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 11 Sep 2012 12:49
Last Modified: 17 Mar 2017 06:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3847

Actions (login required)

View Item View Item