ANALISIS FAKTOR KESULITAN PEMBELAJARAN MAHAROH KITABAH KELAS I’DAD SANTRI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH AL-MUHSIN YOGYAKARTA ANGKATAN 2018/2019

Zainun Najib, NIM. 13420070 (2019) ANALISIS FAKTOR KESULITAN PEMBELAJARAN MAHAROH KITABAH KELAS I’DAD SANTRI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH AL-MUHSIN YOGYAKARTA ANGKATAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS FAKTOR KESULITAN PEMBELAJARAN MAHAROH KITABAH KELAS I’DAD SANTRI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH AL-MUHSIN YOGYAKARTA ANGKATAN 2018/2019)
13420070_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version

Download (34MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS FAKTOR KESULITAN PEMBELAJARAN MAHAROH KITABAH KELAS I’DAD SANTRI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH AL-MUHSIN YOGYAKARTA ANGKATAN 2018/2019)
13420070_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Santri pondok pesantren salafiyah Al-Muhsin seharusnya sudah mampu menulis kata atau kalimat dalam bahasa Arab dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Maharah Kitabah, dan mendeskripsikan problemproblem yang dihadapi oleh Santri pondok pesantren salafiyah Al- Muhsin serta upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi problematika atau kesulitan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif, dengan subyek penelitian kelas I’dad Santri pondok pesantren salafiyah Al-Muhsin yang berjumlah 12 santri. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu pengumpulan data (data hasil dari observasi, wawancara, dan dokumentasi), mereduksi data yang telah terkumpul, mendisplay data- data secara sistematis dan mengambil kesimpulan dengan memverifikasi mana data yang lebih mendalam dan melakukan penyempurnaan dengan mencari data yang diperlukan guna mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika pembelajaran Maharah Kitabah terdiri dari problematika linguistik dan non linguistik. Adapun problematika linguistiknya adalah: 1) kesulitan dalam menuliskan huruf-huruf hijaiyah dalam bentuk yang macam-macam : di awal, di tenggah, dan di akhir kata jika tidak ada model tulisan. Dan juga untuk membedakan mana huruf-huruf yang bisa disambung dan yang tidak bisa disambung, ketika tidak ada model tulisan. 2) kesulitan menulis dalam mengerjakan soal, karena mereka lupa bagaimana cara menuliskannya. Sedangkan problem non linguistik ada beberapa poin yaitu 1) latar belakang santri yang bermacam-macam, 2) kurangnya motivasi dari guru ataupun diri sendiri, 3) guru yang kurang berpengalaman 4) keterbatasan fasilitan pondok yang dimiliki, dan 5) keadaan santri yang terkadang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Ahmad Rodli, M.S.I.,
Uncontrolled Keywords: Analisis, Kesulitan, Pembelajaran, Maharoh Kitabah
Subjects: Bahasa Arab > Bahasa Arab Tatabahasa - Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 19 Feb 2020 13:48
Last Modified: 19 Feb 2020 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38471

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum