HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN AKHLAK BERMASYARAKAT SANTRI PUTRI ASRAMA AL-HIKMAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA

Siti Nurjanah, 15410087 (2019) HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN AKHLAK BERMASYARAKAT SANTRI PUTRI ASRAMA AL-HIKMAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN AKHLAK BERMASYARAKAT SANTRI PUTRI ASRAMA AL-HIKMAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
15410087_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DENGAN AKHLAK BERMASYARAKAT SANTRI PUTRI ASRAMA AL-HIKMAH PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM YOGYAKARTA)
15410087_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Siti Nurjanah. Hubungan antara Konsep Diri dengan Akhlak Bermasyarakat Santri Putri Asrama Al-Hikmah Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang penelitian ini adalah akhlak bermasyarakat seorang santri terhadap orang-orang yang ada disekitarnya. Akhlak sangat penting bagi manusia dalam menjalin hubungan sosial. Akhlak seseorang terhadap orang lain dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal. Salah satu faktor yang mempengaruhi akhlak bermasyarakat seseorang yakni konsep diri. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tingkat akhlak bermasyarkat santri putri asrama al-Hikmah pondok pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta (2) Untuk mengetahui tingkat konsep diri santri putri asrama al-Hikmah pondok pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta (3) Untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dengan akhlak bermasyarakat santri putri asrama Al-Hikmah Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah seluruh santri putri asrama Al-Hikmah Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta yang berjumlah 72 santri. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan skala psikologi yang digunakan untuk mendapatkan data seberapa tinggi konsep diri santri dan seberapa tinggi akhlak bermasyarakat, observasi digunakan untuk mendapatkan data akhlak bermasyarakat, kondisi dan keadaan Asrama Al-Hikmah, serta dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data mengenai gambaran umum Asrama Al-Hikmah. Sedangkan analisis datanya menggunakan statistik deskripsi dan korelasi product moment. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Tingkat konsep diri santri putri asrama Al-Himkah Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta berada pada tingkat kategori sedang yang berarti cukup baik, pada kelompok interval 104-123 dengan presentase 70,8% (2) Tingkat akhlak bermasyarkat santri putri asrama al-Himkah Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta berada pada tingkat kategori sedang yang berarti cukup positif, pada kelompok interval 56-64 dengan presentase 73,6% (3) Terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara konsep diri dengan akhlak bermasyarakat santri putri asrama al-Himkah Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta dengan niai r=0,405 dan nilai p=0,000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Nur Munajat, M. Si.,
Uncontrolled Keywords: Konsep Diri, Akhlak Bermasyarakat
Subjects: Akhlak - Etika
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Sep 2020 10:41
Last Modified: 18 Sep 2020 10:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38475

Actions (login required)

View Item View Item