HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHASA ARAB DENGAN MOTIVASI BELAJAR FIQIH SISWA PROGRAM KEAGAMAAN MAN 1 SURAKARTA

NUR HAKIMAH, 15410188 (2019) HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHASA ARAB DENGAN MOTIVASI BELAJAR FIQIH SISWA PROGRAM KEAGAMAAN MAN 1 SURAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHASA ARAB DENGAN MOTIVASI BELAJAR FIQIH SISWA PROGRAM KEAGAMAAN MAN 1 SURAKARTA)
15410188_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHASA ARAB DENGAN MOTIVASI BELAJAR FIQIH SISWA PROGRAM KEAGAMAAN MAN 1 SURAKARTA)
15410188_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK NUR HAKIMAH. Hubungan antara Efektifivitas Penggunaan Bahasa Arab dengan Motivasi Belajar Fiqih Siswa Program Keagamaan MAN 1 Surakarta. SKRIPSI. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Salah satu faktor yang menjadikan bahasa Arab efektif dalam pembelajaran Fiqih adalah motivasi belajar siswa, termasuk dalam pembelajaran Fiqih. Mata pelajaran Fiqih MAN 1 Surakarta Program Keagamaan menerapkan pembelajaran bilingual, menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa pengantar atau alat komunikasi antara guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Bahasa merupakan komponen penting dimana dengan bahasa dapat terjalin hubungan antara guru, siswa, dan materi (pesan) dalam proses pembelajaran. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana tingkat motivasi belajar Fiqih siswa, bagaimana efektivitas penggunaan bahasa Arab di MAN 1 Surakarta Program Keagamaan dan adakah hubungan antara efektivitas penggunaan bahasa Arab dengan motivasi belajar Fiqih siswa Program Keagamaan MAN 1 Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap hubungan antara efektivitas penggunaan bahasa Arab dengan motivasi belajar Fiqih siswa Program Keagamaan MAN 1 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik penentuan sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5% dari populasi berjumlah 188 diperoleh sampel sebanyak 127 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan kuota sampel (quota sample). Metode analisis data dilakukan dengan uji korelasi dan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Motivasi belajar siswa Program Keagamaan MAN 1 Surakarta berada dalam kategori “cukup baik” dibuktikan dengan hasil mean sebasar 94,23. 2) Efektivitas Penggunaan Bahasa Arab di MAN 1 Surakarta Program Keagamaan berada dalam kategori “cukup baik” dibuktikan dengan hasil mean sebesar 35,74. 3) Terdapat hubungan positif antara efektivitas penggunaan bahasa Arab dengan motivasi belajar Fiqih siswa Program Keagamaan MAN 1 Surakarta dibuktikan berdasarkan hasil korelasi yang menunjukkan bahwa nilai r hitung > r tabel yaitu 0,655 > 0,145 dengan nilai Sig. = 0,000 (p < 0,05). Penggunaan bahasa Arab dalam pembelajaran memiliki sumbangan (kontribusi) efektif sebesar 42,9% terhadap motivasi belajar Fiqih siswa Program Keagamaan MAN 1 Surakarta. Adapun sisanya 57,1% dijelaskan dengan faktor lain atau variabel lain yang tidak diteliti oleh penelitian ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Eva Latipah, M. Si.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Penggunaan Bahasa Arab, Motivasi Belajar Fiqih, Program Keagamaan.
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Sep 2020 13:54
Last Modified: 18 Sep 2020 13:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38492

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum