PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X DI MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA

AHMAD NABILUL FATIH, 14420020 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X DI MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X DI MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA)
14420020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS X DI MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA)
14420020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Ahmad Nabilul Fatih (14420020), "Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Di MA Ali Maksum Yogyakarta". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan .Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui motivasi dan prestasi belajar siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab siswa kelas X MA Ali Maksum Yogyakarta. (2) Mengetahui perbedaan motivasi dan prestasi belajar bahasa Arab antara siswa kelas kontrol dan siswa kelas eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah field research (penelitian lapangan). Objek penelitiannya adalah kelas X IPA A (kelas eksperimen) dan X IPS A (kelas kontrol). Hasil analis menunjukkan bahwa: (1) Para siswa memiliki motivasi dan prestasi belajar yang baik dengan mayoritas siswa yang menyukai model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament yang diterapkan oleh guru. (2) Motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X MA Ali Maksum Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019 meningkat dengan adanya penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament. Hal tersebut didasarkan pada hasil analisis data melalui uji-T. Hasil menunjukkan bahwa para siswa di kelas eksperimen semakin meningkat motivasi dan prestasi belajarnya dengan rata-rata nilai gain sebesar 295. Sedangkan para siswa di kelas kontrol mempunyai nilai motivasi dan prestasi belajar bahasa Arab yang menurun dengan rata-rata gain sebesar 190. yang menghasilkan nilai signifikansi 105 yang berarti terdapat perbedaan yang sedikit signifikan. Hal ini membuktikan bahwa penerapan treatment berupa model pembelajaran cooperative lerning tipe teams games tournament dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas eksperimen di dalam pembelajaran bahasa Arab lebih tinggi daripada motivasi belajar siswa kelas kontrol yang tidak menerapkan model pembelajaran cooperative learning tipe teams games tournament.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurul Huda, S.S, M.Pd.I,
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Cooperative Learning, Teams Games Tournament, Pembelajaran Bahasa Arab.
Subjects: Bahasa Arab
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Sep 2020 07:37
Last Modified: 21 Sep 2020 07:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38502

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum