PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X KEAGAMAAN MAN 4 SLEMAN YOGYAKARTA

Jauharul Fawaid, 15420001 (2019) PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X KEAGAMAAN MAN 4 SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X KEAGAMAAN MAN 4 SLEMAN YOGYAKARTA)
15420001_BAB-I_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X KEAGAMAAN MAN 4 SLEMAN YOGYAKARTA)
15420001_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Jauharul Fawaid. Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Sumber Belajar Mandiri Pada Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas X Keagamaan MAN 4 Sleman Yogyakarta. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan mobile learning berbasis android sebagai sumber belajar mandiri pada pembelajaran bahasa Arab siwa kelas X Keagamaan MAN 4 Sleman Yogyakarta. Mengetahui kualitas mobile learning berdasarkan penilaian para ahli dan guru bahasa Arab serta kelayakan mobile learning melalui respon siswa terhadap produk aplikasi yang dibuat. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan metode ADDIE (Analysis, Design, Development and Implementation, Evaluation). Kualitas mobile learning didapatkan dari penilaian satu ahli media,satu ahli materi dan satu guru bahasa Arab dan kelayakan mobile learning didapatkan dari respon siswa dalam uji coba terbatas dan uji coba luas. Instrumen yang digunakan para ahli dan guru bahasa Arab untuk menilai kualitas mobile learning yaitu skala likert 5. Instrumen yang digunakan siswa untuk menilai kelayakan mobile learning yaitu skala guttman yang terdiri dari dua aspek yaitu aspek setuju dan tidak setuju. Hasil penelitian pengembangan ini berupa aplikasi mobile learning berbasis android yang dapat digunakan sebagai alternatif sumber belajar mandiri siswa kelas X Keagamaan MAN 4 Sleman. Hasil penelitian yang diperoleh dari penilaian ahli media mendapatkan persentase keidealan sebesar 88,33% (sangat baik), penilaian ahli materi mendapatkan persentase keidealan sebesar 75% (baik), penilaian guru bahasa Arab mendapatkan skor keidealan sebesar 91,66% (sangat baik), penilaian uji coba terbatas siswa mendapatkan skor keidealan 80,09% (setuju), dan uji coba luas mendapatkan skor keidealan sebesar 90,33% (setuju).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, S.Ag., M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Penelitian pengembangan, mobile learning, sumber belajar mandiri.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Sep 2020 07:58
Last Modified: 21 Sep 2020 07:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38507

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum