UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS II MI NU MARGOKATON SEYEGAN SLEMAN

SHOLICHAH - NIM. 07480018 E, (2010) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS II MI NU MARGOKATON SEYEGAN SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS II MI NU MARGOKATON SEYEGAN SLEMAN)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (843kB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS II MI NU MARGOKATON SEYEGAN SLEMAN)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)

Abstract

Pendekatan kontekstual (Contextual Teaching and Learning) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Pendekatan Contextual Teaching and Learning diharapkan mampu meningkatkan kebermaknaan dalam mengajar sehingga diharapkan peserta didik dalam mempelajari mata pelajaran fiqih, mengetahui keuntungan/kegunaan dalam kehidupannya. Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah apakah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran fiqih dan faktor apa saja yang mendukung keberhasilan penggunaan pendekatan CTL dalam pembelajaran mata pelajaran fiqih di MI NU Margokaton, Seyegan, Sleman. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif (Qualitatif Research), Penelitian ini menggunakan pendekatan psikologi belajar, karena dengan psikologi belajar diharapkan mampu menciptakan iklim belajar di kelas dengan baik dan mampu membawa siswa ke dalam kegiatan belajar-mengajar yang efektif. Subyek yang dipilih adalah informan yang dipandang sangat mengetahui aspek-aspek yang diteliti yaitu Gunawan, S. Pd. (guru fiqih di Madrasah Ibtidaiyah NU Margokaton Seyegan Sleman) serta siswa kelas II MI NU Margokaton. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Oleh karena data yang dikumpulkan berupa data kualitatif, maka yang dipergunakan dalam menganalisa data adalah metode induktif, yaitu proses berfikir yang berangkat dari fakta-fakta yang khusus, peristiwa-peristiwa yang kongkrit, kemudian ditarik generalisasi yang mempunyai sifat umum. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Dari kelima jenis materi pelajaran fiqih yang diberikan dengan sistem CTL yaitu wudhu, adzan, sholat fardu, doa qunut dan dzikir menunjukkan bahwa hasil penerapan CTL ternyata dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang terlihat dari meningkatnya nilai siswa dan antusias siswa ketika menyelesaikan dan mempraktekkan pelajaran fiqih. 2) Faktor pendukung dalam mengajar mata pelajaran fiqih meliputi adanya sarana dan prasarana pendukung (buku paket, tempat wudhu, masjid/ mushola), dukungan masyarakat, dukungan orang tua siswa, dan faktor motivasi agama. Di samping itu usaha-usaha yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi masalah yang muncul dalam mengajar fiqih adalah berusaha menjalin kerjasama, menciptakan situasi belajar yang hidup, asyik dan meyenangkan, motivasi siswa agar selalu rajin belajar serta dapat membagi waktu sebaik-baiknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. A. Miftah Baidlowi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Contextual Teaching and Learning
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 11 Sep 2012 14:47
Last Modified: 17 Jan 2017 07:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3851

Actions (login required)

View Item View Item