PENERAPAN TEKNIK WORD SQUARE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN QIRĀ’AH AL-SHAMITAH SISWA KELAS I’DAD MA ALI MAKSUM TAHUN AJARAN 2018/2019

Fina Lailatul Barokah, 15420032 (2019) PENERAPAN TEKNIK WORD SQUARE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN QIRĀ’AH AL-SHAMITAH SISWA KELAS I’DAD MA ALI MAKSUM TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN TEKNIK WORD SQUARE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN QIRĀ’AH AL-SHAMITAH SISWA KELAS I’DAD MA ALI MAKSUM TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420032_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN TEKNIK WORD SQUARE DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN QIRĀ’AH AL-SHAMITAH SISWA KELAS I’DAD MA ALI MAKSUM TAHUN AJARAN 2018/2019)
15420032_BAB-II-III- IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Fina Lailatul Barokah. 15420032. Penerapan Teknik Word Square dalam Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Meningkatkan Kemampuan Qirā’ah Al-Samitah Siswa Kelas I‟dad MA Ali Maksum Krapyak Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan teknik word square dapat meningkatan kemampuan pemahaman siswa kelas I‟dad MA Ali Maksum Krapyak atau tidak. Ada beberapa submasalah yang akan dibahas pada skripsi ini yaitu : 1) Bagaimana penerapan teknik word square dalam pembelajaran qirā’ah bahasa Arab? 2) Bagaimana tingkat signifikansi kemampuan memahami teks bahasa Arab siswa setelah diterapkannya teknik word square? Untuk menjawab masalah tersebut penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian menggunakan pre-test post-test control grup design yang dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas I‟dad C sebagai kelas kontrol dan kelas I‟dad D sebagai kelas eksperimen. Dalam rangka pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney (Uji U) dan uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Penerapan teknik word square di kelas I‟dad D diawali dengan membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Setelah itu peneliti membagikan lembar kegiatan atau soal kepada siswa, kemudian siswa mengerjakan soal tersebut dengan cara mencocokan jawaban dengan pertanyaan yang tersedia. Siswa yang paling cepat dan tepat dalam mengerjakan yang akan mendapat reward. 2) Kemampuan pemahaman siswa terhadap teks setelah diterapkannya teknik word square mengalami perbedaan yang signifikan. Hal ini berdasarkan pada analisis data melalui uji Mann Whitney nilai N-Gain dan menunjukkan asymp. Sig. (2-tailed) 0.001 < 0.05. Maka hipotesis yang menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan pada mahārah qirā’ah siswa kelompok eskperimen yang menggunakan teknik word square dapat diterima

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, MA
Uncontrolled Keywords: Teknik Word Square, Kemampuan Qirā’ah Al-Samitah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Sep 2020 08:17
Last Modified: 21 Sep 2020 08:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38511

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum