EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN METODE MUSTAQILLI DI LEMBAGA KURSUS MUSTAQILLI MLATI SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020

FARIS NAUFAL ALI, 15420033 (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN METODE MUSTAQILLI DI LEMBAGA KURSUS MUSTAQILLI MLATI SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN METODE MUSTAQILLI DI LEMBAGA KURSUS MUSTAQILLI MLATI SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020)
15420033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN METODE MUSTAQILLI DI LEMBAGA KURSUS MUSTAQILLI MLATI SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2019/2020)
15420033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK FARIS NAUFAL ALI, Efektifitas Pembelajaran Nahwu dengan Menggunakan Metode Mustaqilli di Lembaga Kursus Mustaqilli Jogja, Mlati Sleman,Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2019. Latar belakang dari penelitian ini dipengaruhi oleh pembelajaran kitab dan metode mustaqilli yang mendapatkan banyak penghargaan nasional maupun internasional sehingga peneliti tertarik mengkaji lebih dalam metode mustaqilli tentang proses pembelajaran Nahwu dan efektifitas pembelajaran Nahwu dengan menggunakan metode mustaqilli yang diterapkan di Lembaga Kursus Mustaqilli Jogja. Mlati Sleman,Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan mengambil sampel penelitian santri kelas Mustaqilli satu di Lembaga Kursus Mustaqilli Jogja, Mlati Sleman, Yogyakarta sebanyak 7 santri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis instrumen meliputi uji validitas dan reliabilitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran nahwu dengan menggunakan kitab metode Mustaqilli dimulai dengan perencanaan tujuan pembelajaran yaitu agar santri mempunyai kemampuan untuk membaca dan memahami kitab-kitab yang berbahasa Arab tanpa harakat. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, tanya jawab dan penugasan. Evaluasi pembelajaran terdiri dari tes lisan, tes tulis dan penugasan. Sedangkan untuk hasil efektifitas pembelajaran dapat dikatakan efektif. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji T dengan paired sample T Test antara nilai pretest dan nilai postest diperoleh nilai rata-rata pretest sebesar 60,00 dan nilai rata-rata postest sebesar 85,71. Sedangkan untuk signifikansi diperoleh nilai sebesar 0,003 nilai ini lebih kecil dari 0,05 (0,003 < 0,05).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. M. Jafar Shodiq, M.SI
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Pembelajaran Nahwu, Metode Mustaqilli
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 16 Sep 2020 09:29
Last Modified: 16 Sep 2020 09:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38512

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum