PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA TENTANG KONSEP PENDIDIKAN HUMANISTIK DAN RELEVANSI TERHADAP DESAIN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB

MUHAMMAD KHOTIBUL UMAM, 15420078 (2019) PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA TENTANG KONSEP PENDIDIKAN HUMANISTIK DAN RELEVANSI TERHADAP DESAIN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA TENTANG KONSEP PENDIDIKAN HUMANISTIK DAN RELEVANSI TERHADAP DESAIN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
15420078_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PEMIKIRAN KI HADJAR DEWANTARA TENTANG KONSEP PENDIDIKAN HUMANISTIK DAN RELEVANSI TERHADAP DESAIN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB)
15420078_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Muhammad Khotibul Umam, Pemikiran Ki Hadjar Dewantara Tentang Konsep Pendidikan Humanistik dan Relevansi Terhadap Desain Pembelajaran Bahasa Arab. Skripsi. Yogyakarat: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang konsep pendidikan humanistik dan untuk mengetahui relevansi konsep pendidikan humanistik menurut Ki Hadjar Dewantara terhadap desain pembelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian ini adalah penelitian literer (library research) yang bersifat kualitatif, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi dan pendekatan pendidikan bahasa dan Islam. Sedangkan metode yang digunakan yaitu dokumenter dengan mencari, mengumpulkan data dan menganalisis sumber-sumber tertulis yang terdapat dalam buku, jurnal, website, ebook dan lainnya. Terutama buku primer yaitu Ki Hadjar Dewantara, Pendidikan. Teknik analisis kualitatif, yaitu prosedur penilaian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lesan dari orang-orang atau perilaku yang diamati, lalu menentukan persamaan dan perbedaan dengan membandingkan instrumen-intrumen yang terkait pemikiran yang satu dengan yang lainnya untuk mendapat gambaran dan pemahaman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang konsep pendidikan humanistik yang direlevankan dengan desain pembelajaran bahasa Arab mencakup tiga pokok dasar yaitu perencanaan pembelajaran, implementasi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran. Mendesain pembelajaran bahasa Arab itu harus sesuai dengan kodrat peserta didik dan memperhatikan asas kebermanfaatan untuk kehidupan sehari-hari peserta didik, baik dari tujuan pembelajaran, materi, metode, dan evaluasinya jangan sampai ada unsur paksaan. Dari hasil penulis mendapati empat desain yang sesuai dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantara tentang konsep pendidikan humanistik yaitu Aktive Learning, Cooperatif Learning, Contectual Teaching Learning, dan Pembelajaran Quantum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nurhadi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Humanistik, Desain, Pembelajaran
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Sep 2020 08:19
Last Modified: 21 Sep 2020 08:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38516

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum