IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TARI BAMBU (BAMBOO DANCING) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI IPA MAN 1 SLEMAN

UBAID UBAIDILLAH, 15420116 (2019) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TARI BAMBU (BAMBOO DANCING) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI IPA MAN 1 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TARI BAMBU (BAMBOO DANCING) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI IPA MAN 1 SLEMAN)
15420116_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEKNIK TARI BAMBU (BAMBOO DANCING) DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI IPA MAN 1 SLEMAN)
15420116_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Ubaid Ubaidillah, 15420116, “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Tari Bambu (Bamboo Dancing) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Arab Kelas XI IPA MAN 1 Sleman”. Skirpsi Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Tari Bambu (Bamboo Dancing) dalam pembelajaran bahasa Arab dan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan prestasi belajar bahasa Arab pada siswa kelas XI IPA MAN 1 Sleman tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kuantitatif serta metode eksperimen. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes. Tes dalam penelitian ini menggunakan pretest dan posttest. Uji validitas instrumen menggunakan Product Moment Karl Person dan untuk uji reabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha. Persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus Kolmogorov-smirnov dan uji homogenitas dengan test of homogeneity varience. Hasil perolehan data diolah dan dianalisis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Tari Bambu (Bamboo Dancing) pada pembelajaran bahasa Arab berjalan dengan lancar. Model pembelajaran kooperatif ini tidak berpengaruh terhadap peningkatan prestasi belajar bahasa Arab siswa. Hal ini dibuktikan dari hasil uji t pretets dan posttest. Hasil uji t pretest diperoleh hasil signifikansi 0,372 (> 0,05). Artinya tidak ada perbedaan kemampuan awal siswa, sementara hasil uji t posttest diperoleh hasil signifikansi 0,006 (< 0,05) artinya terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Namun hasil uji t Gain diperoleh hasil signifikansi 0.716 (< 0,05) artinya tidak ada tidak ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurhadi, M. A.,
Uncontrolled Keywords: Eksperimentasi, Model Pembelajaran Kooperatif, Tari Bambu (Bamboo Dancing), Prestasi Belajar Bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 24 Sep 2020 10:44
Last Modified: 24 Sep 2020 10:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38519

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum