Su'ubat Al Tullab Fi Ta'allumi Al Lughat Al Arabiyyah Li Al Saff Al Thamin "c" Bi Al Madrasat Al Thanawiyyat Alhukumiyyah 6 Sleman (dirasah Tahliliyyah Min Nahiyyah Al Lughawiyyah) = صعوبات الطلاب في تعلّم اللغة العربية للصف الثامن "ج" بالمدرسة الثانوية الحكومية 6سلمان ) دراسة تحليلية من ناحية اللغوية(

Fitra Gunawan, NIM. 15420120 (2019) Su'ubat Al Tullab Fi Ta'allumi Al Lughat Al Arabiyyah Li Al Saff Al Thamin "c" Bi Al Madrasat Al Thanawiyyat Alhukumiyyah 6 Sleman (dirasah Tahliliyyah Min Nahiyyah Al Lughawiyyah) = صعوبات الطلاب في تعلّم اللغة العربية للصف الثامن "ج" بالمدرسة الثانوية الحكومية 6سلمان ) دراسة تحليلية من ناحية اللغوية(. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Su'ubat Al Tullab Fi Ta'allumi Al Lughat Al Arabiyyah Li Al Saff Al Thamin "c" Bi Al Madrasat Al Thanawiyyat Alhukumiyyah 6 Sleman (dirasah Tahliliyyah Min Nahiyyah Al Lughawiyyah))
15420120_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[img] Text (Su'ubat Al Tullab Fi Ta'allumi Al Lughat Al Arabiyyah Li Al Saff Al Thamin "c" Bi Al Madrasat Al Thanawiyyat Alhukumiyyah 6 Sleman (dirasah Tahliliyyah Min Nahiyyah Al Lughawiyyah))
15420120_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Analisis Kesulitan Siswa dalam Pembelajaran bahasa Arab dari Segi Linguistik Kelas VIIIC di MTsN 6 Sleman, Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang paling menonjol di kelas VIIIC yang ditemukan peneliti yaitu kurangnya kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab dan mengalami kesulitan ketika memahami kandungan teks bacaan. Kesulitan dalam pembelajaran bahasa Arab bagi siswa kelas VIII C bukan hanya dari segi membaca ejaan kata, kalimat, maupun paragraf saja, tetapi membaca dengan langsung memahami arti dan makna kalimat tersebut, baik itu teks arab yang berharakat maupun tidak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab dari segi linguistik kelas VIIIC di MTsN 6 Sleman. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini menggunakan observasi, wawancara mendalam, tes, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan, dan disertakan rekomendasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari jumlah keseluruhan siswa kelas VIIIC MTsN 6 Sleman sebanyak 33 siswa, terdapat 17 siswa atau 51% yang mengalami kesulitan pada aspek fonologi, yaitu belum bisa membedakan bunyi huruf hijaiyah satu dengan yang lain. Pada aspek morfologi terdapat 20 siswa atau 60% yang mengalami kesulitan yaitu menyebutkan asal kata dari bentuk mudhori’ ke fi’il madhi dan fi’il ‘amr ataupun sebaliknya. Kemudian pada aspek sintaksis terdapat 19 siswa atau 57% yang mengalami kesulitan yaitu siswa masih memiliki kemampuan tata bahasa arab yang masih rendah, sehingga siswa masih belum bisa menentukan kedudukan kalimat dalam bahasa arab, dan juga terdapat 19 siswa atau 57% yang mengalami kesulitan pada aspek semantik atau pemaknaan, yaitu siswa masih memiliki kemampuan menerjemahkan kalimat bahasa arab yang masih rendah, sehingga dalam menerjemahkan ke bahasa indonesia masih belum sesuai dengan kalimatnya, meskipun sudah mengetahui arti kosa katanya. Upaya guru mengatasi kesulitan siswa yaitu 1) memberi motivasi kepada siswa tentang pentingnya belajar bahasa arab, terutama dalam membaca teks arab. 2) menjelaskan kepada siswa bahwa bahasa arab itu tidak sulit dan mudah dipahami. 3) mendorong semangat siswa agar menjadi siswa yang aktif dikelas, interaktif, belajar mandiri, dan tidak hanya mengandalkan teori yang disampaikan oleh guru. 4) guru menggunakan metode tanya jawab dalam pembelajaran bahasa arab dikelas agar siswa percaya diri dan tidak malu untuk bertanya. 5) memberikan motivasi kepada siswa agar mengikuti ekstra kurikuler bahasa yang diadakan oleh sekolah, guna menggembangkan pemahaman siswa terhadap bahasa arab itu sendiri. 6) membuat terobosan metodemetode alternatif dalam pemebelajaran bahasa arab agar siswa lebih mudah memahami materi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, MM.
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesulitan, Pembelajaran bahasa Arab, Linguistik
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Oct 2020 08:45
Last Modified: 12 Oct 2020 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38520

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum