MENINGKATKAN PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN PUZZLE DI KELOMPOK B1 TAMAN KANAK-KANAK (TK) NURUL UMMAH KOTAGEDE KOTA YOGYAKARTA

Durotul Inayati Alfaizah, 15430044 (2019) MENINGKATKAN PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN PUZZLE DI KELOMPOK B1 TAMAN KANAK-KANAK (TK) NURUL UMMAH KOTAGEDE KOTA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MENINGKATKAN PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN PUZZLE DI KELOMPOK B1 TAMAN KANAK-KANAK (TK) NURUL UMMAH KOTAGEDE KOTA YOGYAKARTA)
15430044_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (MENINGKATKAN PENGENALAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN PUZZLE DI KELOMPOK B1 TAMAN KANAK-KANAK (TK) NURUL UMMAH KOTAGEDE KOTA YOGYAKARTA)
15430044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Durotul Inayati Alfaizah. “Meningkatkan Pengenalan Kosakata Bahasa Inggris Anak Usia Dini Melalui Permainan Puzzle di Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak (TK) Nurul Ummah Kotagede Kota Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Mengetahui kemampuan bahasa Inggris anak usia dini di kelompok B1 TK Nurul Ummah Kotagede Kota Yogyakarta. (2) Mengetahui pelaksanaan permainan puzzle untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak usia dini di kelompok B1 TK Nurul Ummah Kotagede Kota Yogyakarta. (3) Mengetahui peningkatan kemampuan bahasa Inggris anak usia dini melalui permainan puzzle kelompok B1 TK Nurul Ummah Kotagede Kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat kolaboratif, yakni peneliti dengan guru kelas bekerjasama dalam proses pembelajaran. Subyek dari penelitian ini adalah anak kelompok B1 di TK Nurul Ummah Kotagede Kota Yogyakarta dengan jumlah anak 15 siswa. Sedangkan obyek penelitian ini adalah Pengenalan bahasa Inggris anak usia dini melalui permainan puzzle. Desain penelitian ini menggunakan desain yang dikembangkan oleh Kurt Lewin yang memiliki empat komponen yaitu perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi yang berbentuk tanda centang/cheklist. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Kemampuan bahasa Inggris anak kelompok B1 sebelum dilakukan tindakan mendapatkan persentase 51,3%. (2) Pengenalan bahasa Inggris anak usia dini melalui permainan puzzle dilakukan dua siklus dengan dua kali pertemuan pada tiap siklus. Setiap pertemuan dibagi menjadi tiga yaitu kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Peneliti menyediakan tiga puzzle setiap pertemuan sehingga anak bermain dengan bergantian. Sebelum anak bermain, peneliti mendemonstrasikan aturan bermain puzzle, kemudian anak bermain sendiri dengan pengawasan peneliti. (3) Kemampuan bahasa Inggris anak kelompok B1 meningkat setelah dilaksanakan tindakan melalui permainan puzzle. Pada siklus I meningkat menjadi 70,1% dan pada siklus II meningkat lagi menjadi 81,7%. Hal ini menunjukan bahwa pengenalan bahasa Inggris anak usia dini melalui permainan puzzle mampu meningkatkan kemampuan bahasa Inggris anak di kelompok B1 TK Nurul Ummah Kotagede Kota Yogyakarta. Anak mampu mengenal nama-nama binatang dalam bahasa Inggris, mengetahui arti dari bahasa Inggrisnya nama-nama binatang dan mampu mengucapakan bahasa Inggrisnya dengan benar. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa penelitian ini berhasil karena persentase yang dicapai sudah mencapai batas yang telah ditentukan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Hibana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Bahasa Inggris, permainan puzzle, anak kelompok B1
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Sep 2020 10:12
Last Modified: 29 Sep 2020 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38524

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum