PENGEMBANGAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI AKTIVITAS SENAM IRAMA DI KELOMPOK A2 PAUD TERPADU MUTIARA YOGYAKARTA

LATIFAH NUR FITRIANA, 15430054 (2019) PENGEMBANGAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI AKTIVITAS SENAM IRAMA DI KELOMPOK A2 PAUD TERPADU MUTIARA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI AKTIVITAS SENAM IRAMA DI KELOMPOK A2 PAUD TERPADU MUTIARA YOGYAKARTA)
15430054_BAB-I_VI_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (30MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ANAK MELALUI AKTIVITAS SENAM IRAMA DI KELOMPOK A2 PAUD TERPADU MUTIARA YOGYAKARTA)
15430054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK LATIFAH NUR FITRIANA. Pengembangan Aspek Sosial Emosional Anak Melalui Aktivitas Senam Irama di Kelompok A2 PAUD Terpadu Mutiara Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islm Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Senam irama merupakan salah satu kegiatan penting yang mampu meningkatkan aspek perkembangan anak usia dini, salah satu aspek yang mampu untuk dikembangkan adalah aspek sosial emosional anak karena kegiatan ini berkaitan dengan lingkungan sekolah dan kegiatan anak secara bersama-sama. Tujuan penelitian senam irama ini dilakukan adalah untuk mengetahui seberapa besar anak dapat mengontrol sosial emosional mereka di lingkungannya. Terkait dengan perkembangan sosial emosion anak usia dini di kelompok A2 yang berusia 4-5 tahun. Penelitian ini memiliki subjek sebanyak 15 peserta didik yang terdiri dari 8 perempuan dan 7 laki-laki. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari hasil penelitian menggunakan metode pengumpulan data penelitian kualitatif deskriptif, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan triangulasi peneliti, metode, teori dan sumber data. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan aspek sosial emosional anak melalui aktivitas senam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: melalui senam irama yang dilakukan secara rutin yang diterapkan di PAUD Terpadu Mutiara Yogyakarta secara lebih rinci, penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan perkembangan sosoal-emosional yang dialami oleh anak. Proses peneitian terlebih dahulu direncanakan, baik rencana untuk penilaian maupun alat yang digunakan dalam penilaian. Senam irama sebagai media penilaian sosial-emosional menggunakan teknik observasi dan ceklist dari ujuk kerja kegiatan peserta didik. Kelebihan dari senam irama ini adalah dilakukan secara rutin sehingga pendidik dapat menilai dengan rinci serta dapat mendeteksi perlembangan fisik peserta didik dan membuat peserta didik rileks dan menyenagkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Hibana, S.Ag, M.Pd
Uncontrolled Keywords: pengembangan, sosial-emosional, senam irama
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Sep 2020 10:12
Last Modified: 29 Sep 2020 10:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38525

Actions (login required)

View Item View Item