IMPLEMENTASI SENI TARI MENTHOK-MENTHOK UNTUK MENUMBUHKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK DI KELOMPOK A1 RA HIDAYATUL QUR’AN PRAMBONAN, LESES, MANISRENGGO, KLATEN

ANNIS FATHONAH RAHMAWATI, 15430096 (2019) IMPLEMENTASI SENI TARI MENTHOK-MENTHOK UNTUK MENUMBUHKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK DI KELOMPOK A1 RA HIDAYATUL QUR’AN PRAMBONAN, LESES, MANISRENGGO, KLATEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI SENI TARI MENTHOK-MENTHOK UNTUK MENUMBUHKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK DI KELOMPOK A1 RA HIDAYATUL QUR’AN PRAMBONAN, LESES, MANISRENGGO, KLATEN)
15430096_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI SENI TARI MENTHOK-MENTHOK UNTUK MENUMBUHKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK DI KELOMPOK A1 RA HIDAYATUL QUR’AN PRAMBONAN, LESES, MANISRENGGO, KLATEN)
15430096__BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK ANNIS FATHONAH RAHMAWATI. 15430096, Implementasi Seni Tari Menthok-Menthok untuk Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak di Kelompok A1 RA Hiidayatul Qur’an Prambonan, Leses, Manisrenggo, Klaten, (Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019) Keterampilan anak usia empat tahun tentang perilaku sosial emosional salah satunya meliputi percaya diri sepenuhnya pada kemampuan sendiri untuk melakukan suatu hal. Tumbuhnya percaya diri diawali dengan adanya sebuah kompetensi tertentu sesuai fase perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang implementasi pembelajaran seni tari menthok-menthok untuk menumbuhkan kepercayaan diri anak serta faktor pendukung dan penghambat untuk menumbuhkan kepercayaan diri anak melalui seni tari menthok-menthok di ا kelompok ا A ا 1 RA ا Hidayatul ا Qur‟an ا Prambonan, ا Leses, Manisrenggo, Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menggambarkan secara objektif keadaan di tempat penelitian yang menggunakan rangkaian kata-kata atau kalimat. Alat pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dan pembahasan ditemukan bahwa secara garis besar implementasi pembelajaran seni tari menthok-menthok untuk menumbuhkan kepercayaan اdiri اanak اdi اkelompok اA ا 1 RA اHidayatul اQur‟an اdilaksanakan اdengan ا baik. Anak dapat mengikuti pembelajaran, menirukan serta melakukan gerakan tari secara mandiri dan percaya diri. Adapun faktor untuk menumbuhkan kepercayaan diri anak antara lain adanya keterlibatan dari berbagai pihak, baik pendidik maupun orang tua melalui keteladanan, pendekatan efektif serta dukungan. Sementara itu, kondisi kelas yang ramai saat proses pembelajaran serta perbedaan kemampuan anak dalam mengikuti pembelajaran seni tari menjadikan hambatan dalam menerima pembelajaran seni tari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Zubaedah, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan diri, Anak, Pembelajaran Tari
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 29 Sep 2020 10:14
Last Modified: 29 Sep 2020 10:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38529

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum