PEMBINAAN PERILAKU SISWA KELAS V MI MA’ARIF SENDANG KULON PROGO TAHUN AJARAN 2018/2019

SITI MUNTAMAH., 13480022 (2019) PEMBINAAN PERILAKU SISWA KELAS V MI MA’ARIF SENDANG KULON PROGO TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN PERILAKU SISWA KELAS V MI MA’ARIF SENDANG KULON PROGO TAHUN AJARAN 2018/2019)
13480022_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN PERILAKU SISWA KELAS V MI MA’ARIF SENDANG KULON PROGO TAHUN AJARAN 2018/2019)
13480022_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK SITI MUNTAMAH. Pembinaan Perilaku Siswa Kelas V di MI Ma’arif Sendang Kulon Progo. Skripsi. Yogykarta: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah banyaknya siswa masih melanggar tata tertib madrasah. Pada dasarnya guru di MI Ma’arif Sendang sudah memberikan contoh yang baik kepada para siswa, namun masih banyak siswa yang masih melanggar peraturan yang ada di madrasah. Sebagai contoh terdapat beberapa siswa yang saling mengejek antar siswa, dan kurang menghargai guru dengan berkata kurang sopan terhadap guru. Sehingga guru memberikan beberapa kegiatan agar siswa lebih dalam bersikap dan lebih mengembangkan perilaku siswa dengan kegiatan yang lebih bermanfaat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana guru Akidah Akhlak dalam membina perilaku siswa kelas V di MI Ma’arif Sendang, (2) Faktor apa saja yang menghambat dan mendukung dalam pembinaan perilaku siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan Subjek kepala MI Ma’arif Sendang, Guru Akidah Akhlak MI Ma’arif Sendang, 3 Siswa MI Ma’arif Sendang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, interview dan dokumentasi. Teknik uji keabsahan data dilaukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menujukkan bahwa (1) Peran guru Akidah Akhlak adalah sebagai 1) Motivator, 2) Pembimbing, 3) Fasilitator, 4) Inspirator, dan 5) Evaluator. (2) Faktor pendukungnya adalah latar belakang siswa yang bertempat tinggal di lingkungan Islami, dukungan dari kepala madrasah, semua guru dan wali siswa, antusias siswa dalam mengikuti program madrasah, terdapat kata-kata motivasi untuk selalu berperilaku baik. Sedangkan faktor penghambatnya adalah fasilitas madrasah yang kurang memadai, kegiatan siswa selama di luar madrasah, wali siswa menyerahkan sepenuhnya kepada pihak madrasah, lingkungan bermain di luar madrasah, kesibukan dari wali kelas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ichsan, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Perilaku Siswa.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Sep 2020 13:37
Last Modified: 30 Sep 2020 13:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38530

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum