STRATEGI PENANGANAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 1 BANTUL YOGYAKARTA

Prista Rimas Gustiria, 14480011 (2019) STRATEGI PENANGANAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 1 BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENANGANAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 1 BANTUL YOGYAKARTA)
14480011_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENANGANAN KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV MIN 1 BANTUL YOGYAKARTA)
14480011_BAB II-BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Prista Rimas Gustiria, “Strategi Penanganan Kesulitan Belajar Matematika Pada Peserta Didik Kelas IV MIN 1 Bantul Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2019. Penelitian ini berawal dari banyaknya kasus yang ditemui peneliti saat observasi dan wawancara di Kelas IV MIN 1 Bantul Yogyakarta, hasil belajar yang dicapai sebagian besar siswa masih rendah terutama pelajaran Matematika. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil nilai ulangan harian siswa pada awal semester satu masih banyak yang masih dibawah standar dari KKM. Hal tersebut sudah seharusnya menjadi upaya guru Matematika dan lembaga pendidikan untuk mengoptimalkan dalam belajar. Berawal dari masalah tersebut, menarik untuk mengetahui strategi guru yang berjalan di Kelas IV MIN 1 Bantul Yogyakarta. Adapun tujuan penilitian ini adalah mendeskripsikan kesulitan belajar Matematika peserta didik, strategi penanganan kesulitan belajar Matematika peserta didik, dan kendala yang dialami guru dalam penanganan kesulitan belajar Matematika peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MIN 1 Bantul Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan data hasil wawancara, dan membandingkan hasil wawancara dengan isi suatu dokumen yang berkaitan. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukan: kesulitan belajar Matematika peserta didik Kelas IV MIN 1 Bantul Yogyakarta, yaitu: kelemahan dalam menghitung, kesulitan dalam mentransfer pengetahuan, pemahaman bahasa Matematika yang kurang, dan kesulitan dalam memahami visual. Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar Matematika tersebut, yaitu: guru mempersiapkan peserta didik agar senang untuk mengikuti belajar Matematika, guru dengan sabar mengajari peserta didik yang memiliki kemampuan kurang, guru memberikan soal-soal latihan Matematika sesuai dengan kemampuan peserta didik, guru selalu menekankan peserta didik untuk bertanya agar mudah dalam belajar Matematika, guru menggunakan slide LCD dalam menyampaikan materi pembelajaran Matematika, dan guru memberikan strategi belajar menyenangkan dalam belajar Matematika. Kendala yang dialami guru dalam mengatasi kesulitan belajar Matematika tersebut, yaitu: daya tangkap peserta didik yang lambat dalam belajar, lingkungan sekolah yang kurang mendukung, sikap peserta didik yang masih anak-anak sehingga dapat saat sedang fokus belajar, dan peserta didk yang malu bertanya bila tidak paham.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Andi Prastowo, M. Pd. I.
Uncontrolled Keywords: Kesulitan Belajar, Matematika, MIN 1 Bantul
Subjects: Matematika
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 30 Sep 2020 13:40
Last Modified: 30 Sep 2020 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38533

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum