STRATEGI MENUMBUHKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE BAGHDADIYAH DI MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA

Nova Ichsan Fauzi, 14480122 (2019) STRATEGI MENUMBUHKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE BAGHDADIYAH DI MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STRATEGI MENUMBUHKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE BAGHDADIYAH DI MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA)
14480122_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI MENUMBUHKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN MELALUI METODE BAGHDADIYAH DI MI MA’ARIF BEGO MAGUWOHARJO SLEMAN YOGYAKARTA)
14480122_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nova Ichsan Fauzi, Strategi Menumbuhkan Kemampuan Membaca Al-Quran Melalui Metode Baghdadiyyah Di MI Ma’arif Bego Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kegurusn UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019. Penelitian ini bertujuan untuk, 1) menumbuhkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode Baghdadiyyah di MI Ma’arif Bego Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. 2) mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat strategi menumbuhkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode Baghdadiyyah di MI Ma’arif Bego Maguwoharjo Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Penelitian dengan pendekatan kualitatif merupakan prosedur penelitian yang menghasilkan data studi kasus berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi yaitu dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model-model Miles dan Huberman yang terdiri dari data reduksi, data display, conclusion drawing/verification. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi menumbuhkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode Baghdadiyyah di MI Ma’arif Bego menggunakan 4 langkah yaitu: (1) menghafal huruf hijaiyah, (2) membaca huruf hijaiyah, (3) kemampuan memahami modul Baghdadiyyah dan (4) pemberian contoh yang absolute. Semua hal tersebut bisa terwujud karena didukung dengan adanya beberapa faktor diantaranya (1) dukungan positif dari orang tua, (2) sarana prasarana yang memadahi (3) pembiasaan yang positif disekolah. Meskipun begitu tentunya ada faktor yang menghambat dalam menumbuhkan kemampuan membaca Al-Qur’an melalui metode Baghdadiyyah di MI Ma’arif Bego yaitu, lingkungan kurang kondusif dikeluarga dan lingkunga kurang kondusif di masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Andi Prastowo, M.Pd. I,
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Al-Qur’an, Metode Baghdadiyyah, Peserta Didik
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
al Qur'an > Tahfidz al Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Oct 2020 08:37
Last Modified: 02 Oct 2020 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38536

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum