PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PERAN AKTIF DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BAMBANGLIPURO BANTUL

ANNAS NUR ISTIQOMAH - NIM. 04430992, (2010) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PERAN AKTIF DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BAMBANGLIPURO BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PERAN AKTIF DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BAMBANGLIPURO BANTUL)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) DALAM UPAYA MENINGKATKAN PERAN AKTIF DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BAMBANGLIPURO BANTUL)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (918kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII-A SMP Negeri 2 Bambanglipuro Bantul yang berjumlah 36 orang. Penelitian tindakan kelas ini terlaksana dalam 3 siklus. Siklus I terbagi dalam 3 pertemuan, siklus II terbagi dalam 4 pertemuan, dan siklus III terbagi dalam 3 pertemuan. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi peran aktif siswa pada saat keterlaksanaan pembelajaran dengan data pembanding yaitu hasil angket siswa, hasil wawancara siswa, dokumentasi dan catatan lapangan. Sedangkan data untuk prestasi belajar siswa diperoleh dari tes. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan didukung dengan data kuantitatif. Strategi Think-Talk-Write (TTW) dapat meningkatkan peran aktif dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Peningkatan peran aktif terjadi oleh setiap tahapan strategi TTW, yaitu berfikir (Think) yang dilalui dengan proses membaca, diskusi (Talk), mengkolaborasikan catatan individu dengan hasil diskusi (Write) dan presentasi sebagai diskusi dalam kelompok besar. Kegiatan yang dilakukan dapat memberikan dampak bagi siswa, diantaranya adalah meningkatkan siswa dapat mengungkapkan ide atau gagasan baik secara lisan maupun tertulis, kemampuan bertanya, menyelesaikan masalah, bekerjasama, menggunakan kesempatan, dan mendengarkan orang lain. Seluruh kegiatan yang dilakukan meningkatkan peran aktif siswa dan berpengaruh terhadap hasil belajarnya. Peran aktif siswa secara kuantitatif mengalami peningkatan di setiap siklusnya, hasil perhitungan angket menunjukkan adanya peningkatan peran aktif siswa dari pra siklus ke siklus I sebesar 10,74 %, dari siklus I ke siklus II sebesar 5, 99 % dan dari siklus II ke siklus III sebesar 8, 28%. Prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan, nilai rata-rata tes siklus I sebesar 64, 14 siklus II sebesar 74, 33, dan siklus III sebesar 85, 08. Hasil belajar siswa telah memenuhi target penelitian yaitu mencapai 60%, hasil perhitungan akhir menunjukkan persentase sebesar 85,08 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Sumaryanta, M.Pd. Niken Wahyu Utami, S. Pd. Si
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Think-Talk-Write (TTW), Peran Aktif, Prestasi Belajar, PTK.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 04 Sep 2012 08:43
Last Modified: 14 Dec 2016 07:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3854

Actions (login required)

View Item View Item