IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN BAGI KELAS TAHFIDZ DI MI SANANUL ULA DARAMAN PIYUNGAN BANTUL

Zuhrotus Syarifah, 15480098 (2019) IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN BAGI KELAS TAHFIDZ DI MI SANANUL ULA DARAMAN PIYUNGAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN BAGI KELAS TAHFIDZ DI MI SANANUL ULA DARAMAN PIYUNGAN BANTUL)
15480098_BAB-I_ATAUa_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM TAHFIDZ AL-QUR’AN BAGI KELAS TAHFIDZ DI MI SANANUL ULA DARAMAN PIYUNGAN BANTUL)
15480098_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Zuhrotus Syarifah, “Implementasi Program Tahfidz Al-Qur‟an Bagi Kelas Tahfidz di MI Sananul Ula Daraman Piyungan Bantul.” Skripsi. Yogyakarta: Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. 2019. Madrasah Ibtidaiyah Sananul Ula Daraman Piyungan Bantul adalah salah satu pendidikan dasar sebagai wadah yang mendidik generasi yang mencintai Al-Qur‟an dengan melalui program tahfidz. Adapun dalam pelaksanaan program tahfidz ini terjadi beberapa hambatan. Untuk itu penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana pelaksanaan program tahfidz di MI Sananul Ula Daraman. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pelaksanaan program tahfidz Al-Qur‟an bagi kelas tahfidz di MI Sananul Ula Daraman Piyungan Bantul, (2) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan tahfidz Al-Qur‟an bagi kelas tahfidz di MI Sananul Ula Daraman Piyungan Bantul, dan (3) Bagaimana hasil pelaksanaan program tahfidz Al-Qur‟an bagi kelas tahfidz di MI Sananul Ula Daraman Piyungan Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, mengumpulkan data, dan penarikan kesimpulan. Adapun untuk teknik pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas dan uji kebergantungan (dependability). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program tahfidz di MI Sananul Ula adalah sebagai berikut: (1) Pelaksanaan harian dilakukan setiap hari Senin sampai Kamis pukul 07.00 WIB sampai 09.00 WIB dengan dibagi dua kegiatan yaitu muraja‟ah dan setoran, (2) Evaluasi hafalan dilakukan secara lisan oleh guru pendamping tahfidz yang dilakukan setiap akhir semester, (3) Wisuda tahfidz yang bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada siswa yang sudah mencapai targetnya. Faktor pendukung pelaksanaan program tahfidz adalah niat yang tulus dan minat siswa, dorongan dari orang tua, guru pendamping yang mendukung, serta dukungan dari pihak yayasan. Faktor penghambat diantaranya: tempat menghafal yang kurang nyaman, manajemen waktu yang kurang, dan siswa yang susah dan belum mampu menghafal. Sedangkan hasil pelaksanaan program tahfidz di MI Sananul Ula dari 88 siswa kelas tahfidz mencapai 70% tahun kedua dan 56% selama tahun ketiga semester ganjil tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Ibu Izzatin Kamala, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Program Tahfidz, Menghafal.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
al Qur'an > Tahfidz al Qur'an
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Oct 2020 08:54
Last Modified: 02 Oct 2020 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38548

Actions (login required)

View Item View Item