IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS IV C MELALUI METODE KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DI MIN 1 BANTUL

Syarifatun Hidayah, 15480100 (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS IV C MELALUI METODE KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DI MIN 1 BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS IV C MELALUI METODE KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DI MIN 1 BANTUL)
15480100_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (26MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA KELAS IV C MELALUI METODE KETELADANAN DAN PEMBIASAAN DI MIN 1 BANTUL)
15480100_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Syarifatun Hidayah. Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas IV C Melalui Metode Keteladanan dan Pembiasaan di MIN 1 Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga. Pembelajaran Akidah Akhlak merupakan aspek yang sangat penting di dalam kehidupan manusia. Karena tidak dapat dipungkiri bahwa setiap tindakan yang dilakukan oleh setiap manusia harus didasari dengan pendidikan Akidah Akhlak. Ditakutkan, jika anak tidak diajarkan Akidah Akhlak kelak akan menjadi orang yang tidak berkarakter dan perilakunya melenceng dari norma agama. Oleh karena itu, di MIN 1 Bantul yang berbasis islam dapat memberikan andil dalam Membentuk karakter siswa. Hal ini terbukti melalui pembelajaran dikelas. Dipertengahan kegiatan belajar mengajar guru memberikan teladan dan pembiasaan-pembiasaan baik kepada siswanya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk karakter siswa dan Bagaimana hasil dari pengimplementasian metode keteladanan dan pembiasaan pembelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk karakter siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif deskriptif, dengan mengambil lokasi di MIN 1 Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi atau pengamatan secara langsung, wawancara mendalam dengan beberapa narasumber, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan metode triangulasi data, yang diartikan sebagai pengecekan data dari berbagai sumber dengan berbagai cara, dan di berbagai waktu. Data dianalisis dengan menggunakan metode pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini, yaitu: 1) Sebelum memulai kegiatan pembelajaran Guru Akidah Akhlak sudah membuat perencanaan pembelajaran Akidah Akhlak di awal semester, sesuai dengan kurikulum 2013. Guru Akidah Akhlak dalam melaksanakan pembelajaran dimulai dari tahap awal, tahap inti, dan tahap akhir sudah sesuai dengan kurikulum 2013. 3) Implementasi pembelajaran Akidah Akhlak dalam Membentuk karakter siswa melalui metode keteladanan dan pembiasaan dapat memberikan kontribusi positifbagi guru maupun siswa. Selain itu kebiasaan-kebiasaan baik yang sudah diterapkan guru maupun madrasah akan mengkristal pada diri siswa. Misalnya, mengucap salam, berjabat tangan dan mencium tangan ketika bertemu guru di dalam madrasah maupun di luar madrasah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Nur Hidayat, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Akidah Akhlak, Pendidikan karakter dan Metode Keteladanan dan Pembiasaan.
Subjects: Akhlak - Etika
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Oct 2020 09:43
Last Modified: 02 Oct 2020 09:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38549

Actions (login required)

View Item View Item