UPAYA PEMBIASAAN SHALAT DHUHA UNTUK PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS 3 DI SD MUHAMMADIYAH SILIRAN KARANGSEWU GALUR KULON PROGO

Nur Halimah, 15480115 (2019) UPAYA PEMBIASAAN SHALAT DHUHA UNTUK PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS 3 DI SD MUHAMMADIYAH SILIRAN KARANGSEWU GALUR KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img] Text (UPAYA PEMBIASAAN SHALAT DHUHA UNTUK PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS 3 DI SD MUHAMMADIYAH SILIRAN KARANGSEWU GALUR KULON PROGO)
15480115_BAB-II_sampai_SBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)
[img]
Preview
Text (UPAYA PEMBIASAAN SHALAT DHUHA UNTUK PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS 3 DI SD MUHAMMADIYAH SILIRAN KARANGSEWU GALUR KULON PROGO)
15480115_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nur Halimah, “Upaya Pembiasaan Shalat Dhuha untuk Pembinaan Karakter Religius Siswa Kelas 3 Di SD Muhammadiyah Siliran Karangsewu Galur Kulon Progo”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, UIN Sunan Kalijaga, 2019. Permasalahan pendidikan karakter di Indonesia sepertinya tidak akan ada hentinya untuk dibahas. Berbagai macam persoalaan pendidikan menjadi sangat kompleks, lebih-lebih pembentukan nilai-nilai agama yang sangat ditekankan pada periode usia sekolah. Pendidikan sejatinya tidak hanya mendidik siswa menjadi manusia yang cerdas dan pandai, melainkan juga turut membangun agar menjadi insan yang berbudi luhur dan berakhlak mulia. Sebagai upaya dalam membentuk karakter anak, pendidikan dijadikan sarana sebagai penanaman nilainilai keagamaan. Selain itu metode pembiasaan dianggap mampu membentuk kepribadian siswa menjadi lebih baik, salah satunya melalui pembiasaan shalat sunnah Dhuha sebagai pembinaan karakter religius. Sehingga, permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi pembinaan karakter anak melalui metode pembiasaan dalam kegiatan shalat Dhuha di SD Muhammadiyah Siliran, (2) Apa saja faktor penunjang dan penghambat dalam pembinaan karakter anak melalui metode pembiasaan dalam kegiatan shalat Dhuha di SD Muhammadiyah Siliran, (3) Bagaimana hasil dari upaya pembinaan karakter anak melalui metode pembiasaan dalam kegiatan shalat Dhuha di SD Muhammadiyah Siliran. Jenis penelitain ini adalah field research atau penelitian lapangan kualitatif yang dilakukan di SD Muhammadiyah Siliran Karangsewu Galur Kulon Progo. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas III, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya dilakukan analisis data yang bersifat induktif dengan menarik kesimpulan dari fakta-fakta umum yang ada di lapangan kemudian kesimpulan yang bersifat khusus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat Upaya Pembiasaan Shalat Dhuha untuk Pembinaan Karakter Religius Siswa Kelas 3 Di SD Muhammadiyah Siliran. Kegiatan pembiasaan guna menumbuhkan karakter religius siswa diantaranya kegiatan shalat sunnah Dhuha berjamaah sesuai jadwal, tadarus Al-Qur‟an setiap pagi sebelum pelajaran dimulai, hafalan do‟a sehari-hari dan Juz „Amma, infaq dan shodaqoh, sopan santun, dan menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Faktor yang menghambat dari implementasi metode pembiasaan ini yaitu faktor internal dan eksternal, sedangkan faktor yang mendukung dari pelaksanaan kegiatan pembiasaan adalah sarana dan prasarana yang sudah cukup memadai. Kemudian hasil yang dicapai dari kegiatan pembiasaan tersebut adalah meningkatkan kedisiplinan siswa dalam melaksanakan ibadah, meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an sesuai hukum bacaan (tajwid), mengaplikasikan hafalan do‟a sehari-hari dan Juz „Amma dalam kehidupan sehari-hari, memiliki sopan santun terhadap orang yang lebih tua, dan senantiasa menjaga kebersihan lingkungan karena kebersihan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Mangun Budiyanto, M. SI
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Karakter Religius, Pembiasaan, Shalat Dhuha
Subjects: Akhlak - Etika
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Oct 2020 14:00
Last Modified: 02 Oct 2020 14:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38551

Actions (login required)

View Item View Item