PENGELOLAAN ZAKAT DI LEMBAGA AMIL ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQOH NAHDLATUL ULAMA (LAZISNU) KABUPATEN KULON PROGO

NUR ROFI’UL ‘ALIM, 15380069 (2019) PENGELOLAAN ZAKAT DI LEMBAGA AMIL ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQOH NAHDLATUL ULAMA (LAZISNU) KABUPATEN KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGELOLAAN ZAKAT DI LEMBAGA AMIL ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQOH NAHDLATUL ULAMA (LAZISNU) KABUPATEN KULON PROGO)
15380069_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGELOLAAN ZAKAT DI LEMBAGA AMIL ZAKAT, INFAQ DAN SHODAQOH NAHDLATUL ULAMA (LAZISNU) KABUPATEN KULON PROGO)
15380069_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penilitian di LAZISNU Kabupaten Kulon Progo bertujuan untuk mengetahui bentuk pengelolaan zakat di LAZISNU Kabupaten Kulon Progo, sehingga memunculkan rumusan masalah, pertama yaitu bagaimana pengelolaan dana zakat di LAZISNU Kabupaten Kulon Progo?, kedua yaitu apakah faktor-faktor penghambat dan pendukung pengelolaan zakat di LAZISNU Kabupaten Kulon Progo. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang dilakukan di LAZISNU Kabupaten Kulon Progo. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer, yaitu data yang diperoleh langsung dari pengurus LAZISNU Kabupaten Kulon Progo. Analisis yang digunakan menggunakan deskritif analitik Hasil penelitian menunjukkan bahwa LAZISNU Kabupaten Kulon Progo dalam membuat struktur organisasi masih kurang efisien dan efektif. Pengelolaan dana zakat dalam pelaporan keuangan masih belum jelas dana yang digunakan adalah dana zakat, dana infak atau dana shadaqah. Untuk pengalokasian suntikan dana zakat produktif masih kurang merata terhadap mustahik di seluruh Kabupaten Kulon Progo. Adapun zakat produktif di LAZISNU Kabupaten Kulon Progo masih relatif rendah karena banyak mustahik yang belum bisa memproduktifkan dana yang diberikan. Adapun faktor penghambat pengelolaan dana di LAZISNU Kabupaten Kulon Progo; (1) Kurangnya kesadaran masyarakat dalam membayar zakat, (2) Kurangnya tingkat kesadaran mustahik untuk mengembangkan usahanya sehingga usahanya tidak dapat berkembang sesuai dengan harapan, (3) Penyebaran mustahik yang sangat luas sehingga kurang dalam hal pembinaan dan pendampingan. Sedangkan faktor pendukungnya adalah (1) Niat lilahita’ala Pengurus LAZISNU Kulon Progo, (2) Kerja sama antar Pengurus MWCNU, dan tingkat Ranting, (3) Niat kuat mustahik untuk menjadi Muzzaki, (4) Mempunyai organisasi terbesar di Indonesia yaitu Jam‟iyyah Nahdlatul „Ulama

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. KHOLID ZULFA M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Zakat, Mustahik, Alokasi Dana.
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Oct 2020 09:10
Last Modified: 06 Oct 2020 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38566

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum