KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL

SYAHRIL AL-ROSYID - NIM. 02471279, (2010) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa betapa pentingnya konsep pendidikan Islam dalam meningkatkan kecerdasan emosional untuk menentukan keberhasilan seseorang dalam kehidupan. Oleh karena itu perumusan strategi penerapan kecerdasan emosional dilakukan dalam sistem pendidikan Islam dengan tujuan utama untuk menumbuhkan kecerdasan emosional anak didik yang dalam pendidikan Islam adalah ditandai dengan lahirnya akhlak al-karimah. Skripsi ini bersifat kajian kepustakaan (Library Reseach) dengan diserta dengan kenyataan lapangan yang berdasarkan pada pengetahuan dan wacana yang berkembang selama ini, terutama yang berkaitan dengan kecerdasan emosi. Sementara pendekatan yang di pakai dalam skripsi ini adalah dengan metode Content Analisys Hermeunetic, yaitu jenis metode analisa yang menekankan pada penelaahan atas isi kandungan teks berdasarkan penafsiran. Adapaun metode analisa data yang penyusun pakai adalah metode deduktif dan induktif. Metode deduktif digunakan sebagai alat menganalisa data yang bersifat khusus, yang mempunyai unsur kesamaan, kemudian penyusun melakukan generalisasi menjadi kesimpulan yang bersifat umum. Sedangkan metode induktif di gunakan sebagai alat atau cara untuk menarik kesimpulan, yaitu berangkat dari pengetahuan yang bersifat umum, kemudian ditarik ke amp;#8212;kesimpulan yang bersifat khusus. Yakni menganalisa data dari mulai pengertian emosi, kecerdasan emosi, serta bagaimana pendidikan Islam seharusnya mampu berperan untuk ikut mengembangkanya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecerdasan emosional sangat berperan penting dalam penyelenggaraan proses pendidikan sebagai upaya mengembangkan potensi dasar peserta didik dalam mengemban tugas khalifah agar berani dan mampu memecahkan masalah-masalah kehidupannya, serta berkemauan dan berkemampuan untuk meningkatkan kapasitas dirinya sebagai manusia. Peran orang tua, sekolah, dan masyarakat dalam hal ini sangat dibutuhkan dalam pengembangan pola berfikir anak yaitu dengan memberikan arahan, bimbingan dan motivasi untuk mengembangkan bakatnya, diantaranya adalah dengan menyediakan lingkungan pendidikan yang kondusif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: pendidikan Islam, peningkatan kecerdasan emosional
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 30 Aug 2012 15:42
Last Modified: 17 Mar 2017 06:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3857

Actions (login required)

View Item View Item