TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KERJA SAMA TERNAK AYAM POTONG ANTARA PETERNAK DENGAN PERUSAHAAN (STUDI DI PT. CHAROEN POKPHAND JAYA FARM KEBUMEN)

DWIYANA LESTARI, 15380091 (2019) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KERJA SAMA TERNAK AYAM POTONG ANTARA PETERNAK DENGAN PERUSAHAAN (STUDI DI PT. CHAROEN POKPHAND JAYA FARM KEBUMEN). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KERJA SAMA TERNAK AYAM POTONG ANTARA PETERNAK DENGAN PERUSAHAAN (STUDI DI PT. CHAROEN POKPHAND JAYA FARM KEBUMEN))
15380091_BAB-I_ATAU_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (30MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP KERJA SAMA TERNAK AYAM POTONG ANTARA PETERNAK DENGAN PERUSAHAAN (STUDI DI PT. CHAROEN POKPHAND JAYA FARM KEBUMEN))
15380091_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Syirkah merupakan kerja sama antara dua orang atau lebih dalam suatu usaha tertentu dengan sejumlah modal yang ditetapkan berdasarkan perjanjian untuk bersama-sama menjalankan suatu usaha dan pembagian keuntungan atau kerugian dalam bagian yang ditentukan. Pada praktiknya kerja sama pengelolaan ternak ayam di PT. Charoen Pokphand Jaya Farm Kebumen menggunakan pola intiplasma, dimana perusahaan sebagai pihak inti memberikan SAPRONAK (Sarana Produksi Ternak), sedangkan peternak sebagai pihak plasma yang memberikan modal berupa kandang dan memberikan jaminan berupa sertifikat tanah. Keuntungan peternak didapatkan dari jumlah harga ayam dikurangi dengan biaya yang dikeluarkan perusahaan dan keuntungan perusahaan dari menjual hasil panen ke pasar umum. Adapun yang menjadi permasalahan dalam titik ini adalah 1. Bagaimana gambaran bagi hasil ternak ayam potong antara peternak dengan Perusahaan, 2. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap kerja sama ternak ayam potong antara peternak dengan Perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jauh dalam kerja sama ternak ayam potong antara peternak dengan Perusahaan PT. Charoen Pokphand Jaya Farm berdasarkan tinjauan hukum Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan normatif. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif-analitis. Dalam metode pengumpulan data penyusun menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerja sama di PT. Charoen Pokphand Jaya Farm dengan peternak termasuk syirkah al-muf waḍah, dimana pihak pertama memberikan modal, sedangkan pihak kedua memberikan konstribusi modal saja dan pemilik modal memberi keleluasaan penuh kepada peternak. Jika ada keuntungan dibagi sesuai kesepakatan antara PT dengan peternak, adapun kerugian yang ditanggung sesuai dengan bentuk kerugiannya. Praktik kerja sama ternak ayam ini dalam syariat hukum Islam hukumnya sah, karena setiap jenis syirkah yang telah memenuhi rukun dan syarat adalah syirkah yang sah apabila digabungkan dengan jenis syirkah lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. ABDUL MUGHITS, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Syirkah, Syirkah al-Muf waḍah, Prinsip Keadilan
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syari'ah (S-1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Oct 2020 09:12
Last Modified: 06 Oct 2020 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38571

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum