PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP CIPTAAN MOTIF BATIK YANG BELUM TERCATAT HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

FUAD ARY DWI TANTO, 15340039 (2019) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP CIPTAAN MOTIF BATIK YANG BELUM TERCATAT HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP CIPTAAN MOTIF BATIK YANG BELUM TERCATAT HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
15340039_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP CIPTAAN MOTIF BATIK YANG BELUM TERCATAT HAK KEKAYAAN INTELEKTUAL DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL)
15340039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Batik merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang dikenal dan diakui dunia. Di Kabupaten Gunungkidul terdapat salah satu motif yang terkenal yaitu motif batik Manding. Motif batik tersebut menggambarkan tentang suatu desa yang ada di Kabupaten Gunungkidul yaitu Desa Kepek. Namun sampai saat ini motif batik tersebut belum tercatat dalam Hak Cipta. Mengingat perkembangan dunia saat ini mengikuti arus globalisasi yang di tandai dengan kemajuan di bidang teknologi, informasi, komunikasi dan transpotasi yang mendorong kegiatan ekonomi dan perdagangan yang sebagai berasal dari produk kekayaan intelektual manusia salah satunya yaitu karya cipta yang semakin meningkat. Berbagai upaya Pemerintah Indonesia dilakukan untuk menggalakkan perlindungan Hak Kekayaan Intelektual salah satunya dengan membenahi aturan hukum dibidang hak cipta agar dapat mencegah terjadinya pelanggaran hak cipta. Oleh karena itu perlu adanya upaya dari Pemerintah dalam rangka perlindungan hukum terhadap ciptaan motif batik yang belum tercatat di Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara meneliti secara langsung di lapangan untuk memperoleh data primer. Bahan primer dari penelitian ini diperoleh langsung dengan cara wawancara penyusun kepada beberapa narasumber yang terkait dengan objek penelitian. Penelitian ini memiliki sifat deskripti analitik, yaitu penelitian yang datanya diperoleh dengan cara mendeskripsikan masalah melalui pengumpulan, penyusunan, dan penggalian data kemudian dijelaskan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motif batik Manding dapat dikategorikan dalam perlindungan HKI karena motif tersebut sudah memenuhi unsur-unsur yang dibutuhkan yaitu, adanya ornamen utama; ornamen isian; dan ornamen pengisi bidang. Adapun beberapa upaya dan solusi yang dilakukan oleh Pemerintah khususnya dalam rangka perlindungan motif batik di Kabupaten Gunungkidul yang belum tercatat yaitu dengan mendirikan suatu lembaga independen yang bernama Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang ada ditingkat nasional serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) yang berada ditingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota. Lembaga tersebut berfungsi sebagai wadah dalam melestarikan, mengembangkan dan untuk memfasilitasi kepada pengrajin untuk perlindungan Hak Kekayaan Intelektual dalam ruang lingkup merek, desain, hak cipta, dan indikasi geografis yang tentunya dalam hal ini yang dilindungi adalah ciptaan motif batik Manding yang dilakukan oleh Dekranasda Kabupaten Gunungkidul. Namun ada beberapa hambatan yang dialami oleh para pencipta/pengrajin batik untuk mencatatkan karya ciptanya antara lain: kurangnya pengetahuan di bidang hak cipta; kurangnya kesadaran hukum; dan kemampuan keuangan. Sehingga perlu adanya perhatian yang lebih lagi dari Pemerintah khusunya dalam bidang hak cipta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: FAISAL LUQMAN HAKIM, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Upaya, Pencatatan Hak Cipta.
Subjects: Budaya dan Agama
HAKI - Hak Kekayaan Intelektual
Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 06 Oct 2020 09:20
Last Modified: 06 Oct 2020 09:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38578

Actions (login required)

View Item View Item