UPAYA GURU PAI DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR BAGI SISWA TUNANETRA YANG MENYANDANG TUNAGRAHITA DI SLB-A YAKETUNIS YOGYAKARTA

TRI PURWANTI - NIM. 05410141, (2010) UPAYA GURU PAI DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR BAGI SISWA TUNANETRA YANG MENYANDANG TUNAGRAHITA DI SLB-A YAKETUNIS YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU PAI DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR BAGI SISWA TUNANETRA YANG MENYANDANG TUNAGRAHITA DI SLB-A YAKETUNIS YOGYAKARTA)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU PAI DALAM MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR BAGI SISWA TUNANETRA YANG MENYANDANG TUNAGRAHITA DI SLB-A YAKETUNIS YOGYAKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa motivasi belajar siswa merupakan factor penunjang di dalam mewujudkan tujuan pendidikan. Namun kenyataanya yang terjadi motivasi belajar yang dimiliki siswa khususnya tunanetra yang menyandang tunagrahita di SLB-A Yaketunis itu kurang. Jika motivasi belajar siswa kurang atau bahkan tidak ada sama sekali, maka akan menghambat tujuan pendidikan. Oleh karena itu perlu diadakan penelitian tentang upaya guru di dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa tunanetra yang menyandang tunagrahita. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa tunanetra yang menyandang tunagrahita dan upaya yang dilakukan oleh guru di dalam menumbuhkan motivasi belajar tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitaif, dengan mengambil lokasi di SLBA Yaketunis Yogyakarta dan menjadikan siswa tunanetra yang menyandang tunagrahita sebagai subyek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu analisis data yang memberikan predikatpada variabel yang diteliti sesuai dengan kondisi yang sebenarnya. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan psikologi yaitu mengkaji masalah dengan mempelajari jiwa seseorang melalui gejala perilaku yang dapat diamati. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Motivasi belajar siswa tunanetra yang menyandang tunagrahita di SLB-A Yaketunis masih rendah. Motivasi belajar yang paling besar (mendominasi) yang ada pada tunanetra yang menyandang tunagrahita berasal dari luar diri pribadi (eksternal). Pertama dari guru, dalam hal ini adalah guru kelas. Yang kedua berasal dari orang tua khususnya ibu yang telah mendampingi belajarnya. 2) Ada beberapa faktor pendukung dan penghambat di dalam memberikan motivasi tersebut. Faktor pendukungnya adalah: harapan dari keluarga yang menginginkan anaknya untuk bisa mandiri, Keinginan dari guru untuk menjadikan anak didiknya agar bisa lebih mandiri. Sedangkan faktor penghambatnya adalah: Adanya kekhawatiran dari guru terhadap cita-cita siswa yang kurang menjanjikan, sifat siswa yang agak keras. Setelah melihat beberapa faktor tersebut, kemudian guru melakukan beberapa upaya untuk menumbuhkan motivasi belajar diantaranya: yang pertama, menggunakan media pembelajaran yang adaptif bagi tunanetra yang menyandang tunagrahita. Kedua, menggunakan metode pengajaran yang variatif seperti: metode resitasi, demonstrasi, karya wisata, tanya jawab, latihan, dan metode ceramah. Ketiga, Memberikan gambaran-gambaran masa depan (citacita). Keempat, memberikan sanjungan atau pujian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: menumbuhkan motivasi belajar siswa tunagrahita,
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 11 Sep 2012 22:09
Last Modified: 11 Sep 2012 22:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3859

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum