RELEVANSI MENULIS DI MEDIA MASSA DENGAN PROSES AKTUALISASI DIRI Studi Kasus Terhadap Santri Senior Di Pondok Pesantren Hasyim Asy'ari Yogyakarta

ERNA ISWATI - NIM. 03220046, (2010) RELEVANSI MENULIS DI MEDIA MASSA DENGAN PROSES AKTUALISASI DIRI Studi Kasus Terhadap Santri Senior Di Pondok Pesantren Hasyim Asy'ari Yogyakarta. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (RELEVANSI MENULIS DI MEDIA MASSA DENGAN PROSES AKTUALISASI DIRI Studi Kasus Terhadap Santri Senior Di Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Yogyakarta)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (RELEVANSI MENULIS DI MEDIA MASSA DENGAN PROSES AKTUALISASI DIRI Studi Kasus Terhadap Santri Senior Di Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Yogyakarta)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (471kB)

Abstract

Dunia modern sudah mulai mengikis manusia seutuhnya. Mereka semakin tergiur oleh perkembangan zaman. Setiap lini kehidupan sudah terjadi perubahan yang sangat drastis. Sejalan dengan perubahan yang multidimensi ini pun, seakanakan membuat menusia harus mengikuti gerak perubahannya. Sehingga manusia sering atau bahkan lupa akan keberadaan dirinya sebagai manusia yang mampu mengontrol dan menentukan langkah geraknya. Kegelisahannya akhirnya hanya sebatas pegelisahan tanpa mempunyai alternatif dalam menampungnya. Padahal ada sekian alernatif untuk menyalurkan kegelisahan tersebut. Salah satunya yaitu dengan menulis. Kegiatan ini merupakan ungkapan kegelisahan yang nyata, lebih obyektif, tidak mengandung beberapa arti yang dapat merubah makna dan subtansi yang sesungguhnya. Sehingga dalam proses menulis, dalam kurun waktu tertentu seseorang akan sampai pada aktualisasi diri. Sebagaimana teori Abraham Maslow menyebutkan tentang aktualisasi diri, yaitu penggunaan secara penuh bakat, kapasitas-kapasitas, potensi-potensi dan sebagainya. Hal ini dapat dilihat melalui proses yang terjadi di Pondok Pesantren Hasyim Asy'ari, dengan nilai-nilai yang dijunjung tinggi, yaitu spiritualitas, intelektualitas, dan profesionalitas. Adapun alasan berproses tersebut menjadi salah satu sebab mengapa penelitian ini dilakukan. Tentunya ini menjadi awal yang harus ditelaah, bagaimana manulis dapat menjadi alat atau media dalam memperoleh manusia yang sempurna atau hanya sebatas kegiatan yang berujung pada kepuasan dan kebanggaan diri. Dengan kata lain, bagaimana relevansi menulis dalam proses aktualisasi diri? jika penulis tersebut mempunyai latar belakang yang beraneka ragam? Dari pertanyaan tersebut, maka penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif yang menekankan analisa pada proses penyimpulan deduktif dan induktif serta pada analisis terhadap dinamika hubungan antar fenomena yang diamati, dengan menggunakan metode ilmiah. Adapun hasil penelitian ini adalah dengan menggunakan kerangka teori nilai-nilai spiritualitas, intelektualitas dan profesionalitas. Dan untuk menjelaskan aktualisasi diri dengan menggunakan teori Abraham Maslow. Sehingga akan didapat hasil penelitian yaitu ada relevansi antara menulis di media massa dengan aktualisasi diri. Relevansi tersebut adalah hubungan antara aktualisasi diri yang merupakan keadaan dimana seseorang mampu menggunakan bakat, potensi dan kapasitasnya untuk melakukan kegiatan menulis di media massa. Tentunya kegiatan menulis ini dengan menggunakan nilai-nilai yang dijunjung tinggi. Nilai tersebut dalam prosesnya tidak bisa ditinggalkan atau dihilangkan begitu saja, karena hal tersebut merupakan jalan dimana seseorang dapat dikatakan beraktualisasi diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Moch. Nur Ichwan, S.Ag., MA., Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Media Massa, Aktualisasi Diri
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2012 12:04
Last Modified: 23 Oct 2015 03:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3865

Actions (login required)

View Item View Item