HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN MURID-GURU DAN PEMBELAJARAN VARIASI HURUF-WARNA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA MURID SEKOLAH DASAR

Taufiq Ahmad Syauqi, S. Psi, NIM: 17200010034 (2019) HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN MURID-GURU DAN PEMBELAJARAN VARIASI HURUF-WARNA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA MURID SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN MURID-GURU DAN PEMBELAJARAN VARIASI HURUF-WARNA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA MURID SEKOLAH DASAR)
17200010034_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (HUBUNGAN ANTARA KELEKATAN MURID-GURU DAN PEMBELAJARAN VARIASI HURUF-WARNA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA MURID SEKOLAH DASAR)
17200010034_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kelekatan murid-guru dan pembelajaran variasi huruf-warna dengan kemampuan membaca pada murid sekolah dasar. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa; 2 siswa tergabung dalam kelompok eksperimen dan 2 siswa tergabung dalam kelompok kontrol. Karakteristik subjek adalah: 1) siswa kelas 4-6 SD 2) siswa tersebut belum lancar membaca. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen berbentuk factorial experimental design. Kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sama-sama mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran dengan variasi huruf-warna, tetapi yang memberikan pembelajaran pada kelompok eksperimen adalah Guru (memiliki attachment), sedangkan pada kelompok kontrol yang memberikan perlakuan adalah instruktur (tidak perlu ada attachment). Pembelajaran dengan variasi huruf-warna diberikan dalam tiga sesi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala attachment untuk mengukur tingkat kelekatan murid-guru serta menggunakan paragraf yang berjumlah 412 huruf untuk mengukur kemampuan baca subjek. Metode analisis data yang digunakan adalah statistik nonparametrik dengan menggunakan teknik Mann Whitney U untuk menguji perbedaan 2 kelompok, sedangkan pada masing-masing kelompok digunakan Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil Mann Whitney U menunjukkan bahwa p = 0,121 yang berarti bahwa tidak ada hubungan antara kelekatan muridguru dengan kemampuan membaca. Sedangkan untuk melihat pengaruh penggunaan variasi huruf-warna dengan kemampuan membaca digunakan Wilcoxon Signed Rank Test, dengan hasil p = 0,068 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan variasi huruf-warna dengan kemampuan membaca. Meskipun dua hipotesis penelitian ini tertolak, skor kemampuan membaca yang diperoleh subjek pada saat pretest dan posttest meningkat baik yang ada pada kelompok eksperimen (dengan attachment) maupun kelompok kontrol (tanpa attachment). Artinya, skor kemampuan membaca subjek meningkat dibandingkan dengan sebelum diberikan perlakuan meskipun peningkatan yang terjadi tidak signifikan. Sedangkan kelekatan gurumurid pada murid tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap kemampuan baca anak di usia 11 tahun ke atas (late-children). Kekurangan dari penelitian ini adalah terbatasnya jumlah subjek yang mana siswa kelas 4-6 SD yang belum bisa membaca dan cenderung sulit ditemukan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Nurjannah, M.Si
Uncontrolled Keywords: pembelajaran variasi huruf-warna, kemampuan membaca, kelekatan murid-guru
Subjects: Psikologi > Psikologi Pendidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Oct 2020 10:40
Last Modified: 19 Oct 2020 10:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38658

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum