BIMBINGAN AGAMA TERHADAP ANAK USIA PRA SEKOLAH PADA LEMBAGA PAUD BINA ANAK SHOLEH DI SEMAKEN BANJARARUM KALIBAWANG KULONPROGO YOGYAKARTA

ENDAH SUBEKTI - NIM. 02221024, (2010) BIMBINGAN AGAMA TERHADAP ANAK USIA PRA SEKOLAH PADA LEMBAGA PAUD BINA ANAK SHOLEH DI SEMAKEN BANJARARUM KALIBAWANG KULONPROGO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN AGAMA TERHADAP ANAK USIA PRA SEKOLAH PADA LEMBAGA PAUD BINA ANAK SHOLEH DI SEMAKEN BANJARARUM KALIBAWANG KULONPROGO YOGYAKARTA)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (866kB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN AGAMA TERHADAP ANAK USIA PRA SEKOLAH PADA LEMBAGA PAUD BINA ANAK SHOLEH DI SEMAKEN BANJARARUM KALIBAWANG KULONPROGO YOGYAKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan agama yang meliputi bimbingan keimanan, ibadah dan akhlak terhadap anak usia pra sekolah pada lembaga PAUD Bina Anak Sholeh di Semaken Banjararum Kalibawang Kulonprogo Yogyakarta. Adapun jenis penelitian ini adalah dekriptif kualitatif, dengan mengggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi (pengamatan),wawancara bebas terpimpin dan dokumentasi. Sementara dalam proses analisa datanya menggunakan analisa data kualitatif yang bersifat non statistic. Subjek penelitian ini antara lain adalah pengurus lembaga PAUD Bina Anak Sholeh sebanyak 12 orang, guru / pembimbing di Lembaga PAUD Bina Anak Sholeh sebanyak 4 orang, dan anak didik di Lembaga PAUD Bina Anak Sholeh sebanyak 40 siswa. Sedangkan objek penelitiannya adalah proses pelaksanaan bimbingan agama yang meliputi bimbingan keimanan, ibadah, akhlak terhadap anak usia pra sekolah yang dilaksanakan oleh lembaga PAUD Bina Anak Sholeh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan agama terhadap anak usia pra sekolah pada lembaga PAUD Bina Anak Sholeh yang meliputi bimbingan keimanan, ibadah dan akhlak telah sesuai dengan tahapan tumbuh kembang anak. Dalam penelitian ini, terungkap bahwa lembaga PAUD Bina Anak Sholeh sudah dapat memfasilitasi anak didik dengan materi dan sarana belajar dan bermain yang proporsional bagi anak didik. Sebagai lembaga PAUD yang berlabelkan pendidikan Islami, lembaga PAUD Bina Anak Sholeh berusaha untuk menampilkan guru pembimbing sebagai figur sentral untuk dicontoh. Oleh karena itu, guru pembimbing lebih dituntut untuk dapat memberikan teladan yang baik (uswatun hasanah).Selain itu, metode yang digunakan dalam proses belajar dan bermain juga telah sesuai, yakni metode cerita, pembiasaan, keteladanan nasehat, dan pengawasan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Abdullah, M.Si
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Agama, Anak Usia Pra Sekolah
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 28 Aug 2012 20:08
Last Modified: 23 Oct 2015 10:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3866

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum