GENERASI Z, MEDIA SOSIAL, DAN PENCARIAN AGAMA: Studi Terhadap Tiga Sekolah Menengah Atas di Yogyakarta

Romario, NIM : 17200010050 (2019) GENERASI Z, MEDIA SOSIAL, DAN PENCARIAN AGAMA: Studi Terhadap Tiga Sekolah Menengah Atas di Yogyakarta. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (GENERASI Z, MEDIA SOSIAL, DAN PENCARIAN AGAMA: Studi Terhadap Tiga Sekolah Menengah Atas di Yogyakarta)
17200010050_BAB_I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (GENERASI Z, MEDIA SOSIAL, DAN PENCARIAN AGAMA: Studi Terhadap Tiga Sekolah Menengah Atas di Yogyakarta)
17200010050_BAB-II_SAMPAI-SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tesis ini mengkaji siswa SMA sederajat dalam mencari pengatahuan keislaman. Penelitian ini menggunakan metode etnografi dan life story yang dilakukan secara intensif selama tiga bulan. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai delapan belas siswa yang berasal dari tiga sekolah yakni MAN 1 Yogyakarta, SMA Negeri 8 Yogyakarta, dan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta. Saya mengambil enam inforrman dari masing-masing sekolah yang terdiri dari tiga siswa dan tiga siswi. Selain itu, saya juga melakukan observasi dalam mengamati ustaz dan konten keagamaan yang diakses oleh informan di media sosial. Tesis ini menunjukkan bahwa siswa SMA yang disebut sebagai generasi Z. Mencari pengetahuan agama tidak hanya melalui kegiatan ekstrakurikuler seperti Rohis, melainkan juga melalui media sosial. Konsumsi generasi Z terhadap pengetahuan agama di media sosial tidak lepas dari proses panjang islamisasi ruang publik di Indonesia. Islamisasi ruang publik ini mempengaruhi ruang media sosial sehingga banyak melahirkan konten keagamaan dan ustaz-ustaz populer dari berbagai latar belakang yang berbeda-beda yang disukai oleh anak muda. Penelitian ini mendemonstrasikan dua model konsumsi pengetahuan agama generasi Z. Pertama, generasi Z yang mengakses pengetahuan agama dari berbagai latar belakang ustaz. Kedua, generasi Z yang konsisten dalam mengakses pengetahan agama di media sosial berdasarkan kesamaan latar belakang afiliasi atau ormas agama. Penelitian ini berkontribusi dalam studi mengenai perubahan dan perkembangan siswa SMA dalam mencari pengetahuan agama.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Najib Kailani, S.Fil.I, M.A.
Uncontrolled Keywords: Generasi Z, Media Sosial, dan Pencarian Agama
Subjects: Remaja > Remaja Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Oct 2020 09:03
Last Modified: 20 Oct 2020 09:03
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38661

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum