ANTARA SYARAH HADIS DAN INTERPRETASI QURAN: Kajian atas Hermeneutika Alquran Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam Kitab Fathul Bari

Muhammad Shulhi Alhadi Siregar, NIM: 17200010169 (2019) ANTARA SYARAH HADIS DAN INTERPRETASI QURAN: Kajian atas Hermeneutika Alquran Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam Kitab Fathul Bari. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANTARA SYARAH HADIS DAN INTERPRETASI QURAN: Kajian atas Hermeneutika Alquran Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam Kitab Fathul Bari)
17200010169_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANTARA SYARAH HADIS DAN INTERPRETASI QURAN: Kajian atas Hermeneutika Alquran Ibnu Hajar Al-Asqalani dalam Kitab Fathul Bari)
17200010169_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tafsir adalah suatu usaha untuk menjelaskan kandungan makna Alquran. Tafsir atau penafsiran bermula dari latar belakang keilmuan merupakan sebuah prinsip yang telah disepakti dalam tradisi tafsir, dan ketika seorang mufassir menafsirkan Alquran, maka latar belakang keilmuannya akan secara alami terbawa dan tersalurkan ke dalam tafsirnya baik dari segi hukum, sosial, Fikih, dan lain sebagainya. Seperti Ibnu Hajar Al-Asqalani, ia sangat dikenal dengan kepakaran dalam bidang hadis yang telah menyusun kitab Fathul Ba>ri. Kitab yang dikenal dengan sya>rah ha>dis ini ternyata mempunyai keistimewaan dalam kajian Tafsir. Kitab tersebut dalam beberapa bab terdapat sebuah sya>rah ha>dis atau penafsiran yang dilakukan Ibnu Hajar atas Alquran. Penafsiran atas Alquran dalam kitab syarah hadis serta prinsip penafsiran Ibnu Hajar dalan menafsirkan Alquran menjadi ketertarikan penulis untuk mengkaji kitab tersebut. Melakukan analisis atas prinsip Hermeneutika Ibnu Hajar Al-Asqalani atas penafsiraan Alquran. Pendekatan yang dilakukan yaitu epistemologi hadis, dan pendekatan dari segi riwayat, sanad, dan rujukan kepada sumber penetapan atas makna ayat. Adapun hasil analisis penulis dalam mengkaji penafsiran Ibnu Hajar Al- Asqalani yaitu Penafsiran Ibnu Hajar dalam kitab Fathul Ba>ri hanya memuat hadis-hadis shahih dalam menguraikan setiap makna Alquran, menjadikan penafsiran Ibnu Hajar dalam kitab Fathul Ba>ri sebagai kitab tafsir yang kaya akan dalil-dalil shahih dan mutawatir dalam ber hujjah. Adapun Prinsip hermeneutika Ibnu Hajar dalam menafsirkan Alquran diwarnai dengan epistemologi Ahlul Hadis. Penulis membagi atas dua prinsip yaitu, 1)riwayat bersanad dan 2) anti spekulasi nalar. Adapun cakupan pertama adalah konsep penafsiran pertama mencakup penafsiran riwayat bersanad, pendapat Ahlul Hadis, dan penafsiran sumber Ahkam. Dan yang kedua, adalah dari keseluruhan penafsiran Ibnu Hajar Al-Asqalani tidak memasukkan kepentingan-kepentingannya dalam menafsirkan ayat, seperti tidak memihak kepada Ahlul Kalam, tidak melakukan penafsiran dengan klaim tanpa dalil, dan menolak pengutipan terhadap Ahlul Kitab (Israiliyyat).

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Munirul Ikhwan, Lc., M.A.
Uncontrolled Keywords: Syarah Hadis, Interpretasi Quran, riwayat bersanad, anti spekulasi nalar.
Subjects: al Qur'an > Hermeneutika Al Qur'an
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hermeneutika Al Qur'an
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Oct 2020 09:05
Last Modified: 20 Oct 2020 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38667

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum