PEDAGOGI SUFI DAN POLITIK : Pemikiran Pendidikan dan Politik Habib Luthfi serta Pengaruhnya terhadap Pilihan Politik Jamaahnya dalam Pemilu 2019

Hammydiati Azifa Lazuardini Iskarilla, NIM: 17200011005 (2019) PEDAGOGI SUFI DAN POLITIK : Pemikiran Pendidikan dan Politik Habib Luthfi serta Pengaruhnya terhadap Pilihan Politik Jamaahnya dalam Pemilu 2019. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEDAGOGI SUFI DAN POLITIK : Pemikiran Pendidikan dan Politik Habib Luthfi serta Pengaruhnya terhadap Pilihan Politik Jamaahnya dalam Pemilu 2019)
17200011005_BAB-I_VI_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEDAGOGI SUFI DAN POLITIK : Pemikiran Pendidikan dan Politik Habib Luthfi serta Pengaruhnya terhadap Pilihan Politik Jamaahnya dalam Pemilu 2019)
17200011005_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tesis ini mengkaji tentang pedagogi sufi (ta’dib) dan politik perspektif Habib Luthfi serta pengaruh dari pedagogi tersebut jika diterapkan dalam pemilihan politik jamaah. Penelitian ini berkontribusi dalam studi mengenai kontiunitas peran ulama dalam mendidik yang tidak hanya terbatas perannya dalam kegiatan keagamaan saja, tetapi juga dalam hal berpolitik kepada jamaahnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan secara intensif selama masa pemilu 2019, yakni selama kampanye, pemilu dan pasca pemilu. Pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai 10 jamaah dari berbagai latar belakang. Selain itu, penelitian ini juga dikuatkan dengan hasil wawancara dengan Habib Luthfi bin Yahya sebagai narasumber utama. Pengumpulan data juga dilakukan dengan teknik observasi terhadap berbagai kegiatan yang diadakan oleh Habib Luthfi, baik di sekitar kediamannya maupun di luar kediamannya, serta peneliti juga mengumpulkan data dari berbagai media cetak, maupun online yang terkait dengan penelitian. Tesis ini menunjukkan bahwa konsep pedagogi sufi Habib Luthfi merupakan transmisi dari ajaran Rasulullah, Sahabat bahkan hingga Imam al- Ghazali, dimana konsep tersebut tidak terlepas dari sunnah dan bersanad. Dalam menjawab tantangan zaman dan kaitannya dengan politik, pedagogi sufi Habib Luthfi mengadaptasi dari pendidikan moral al-Ghazali. Dari konteks tasawuf yang dianut oleh Habib Luthfi tersebut merupakan tasawuf amali. Selain itu konsep pedagogi sufi yang diterapkan dalam konteks politik oleh Habib Luthfi dihadirkan melalui berbagai kegiatan kebangsaan yang di dalamnya dilibatkan ulama, umara’ dan masyarakat, yang diharapkan dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan berpolitik kenegaraan. Hal tersebut menunjukkan bahwa pandangan politik Habib Luthfi adalah politik nasionalisme dan kebangsaan. Karisma yang melekat pada Habib Luthfi juga berpengaruh dalam pandangan dan pilihan politik jamaahnya, yang ditunjukkan dengan mereka memilih pilihan yang sama ketika pemilu berlangsung setelah Habib Luthfi menunjukkan pilihannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Moch. Nur Ichwan, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pedagogi Sufi (ta’dib), Politik, Habib Luthfi, Pemilu 2019
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Psikologi Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Oct 2020 09:07
Last Modified: 20 Oct 2020 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38669

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum