DISKURSUS ISLAM DAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA INDONESIA: STUDI TERHADAP PEMIKIRAN YUDI LATIF MELALUI CRITICAL DISCOURSE ANALYSIS DAN IMPLEMENTASINYA BAGI PEMBENTUKAN ISLAMIC GOOD GOVERNANCE

BAKHTIAR YUSUF, S.H., NIM. 17203010042 (2019) DISKURSUS ISLAM DAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA INDONESIA: STUDI TERHADAP PEMIKIRAN YUDI LATIF MELALUI CRITICAL DISCOURSE ANALYSIS DAN IMPLEMENTASINYA BAGI PEMBENTUKAN ISLAMIC GOOD GOVERNANCE. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (DISKURSUS ISLAM DAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA INDONESIA: STUDI TERHADAP PEMIKIRAN YUDI LATIF MELALUI CRITICAL DISCOURSE ANALYSIS DAN IMPLEMENTASINYA BAGI PEMBENTUKAN ISLAMIC GOOD GOVERNANCE)
17203010042_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (21MB) | Preview
[img] Text (DISKURSUS ISLAM DAN PANCASILA SEBAGAI DASAR NEGARA INDONESIA: STUDI TERHADAP PEMIKIRAN YUDI LATIF MELALUI CRITICAL DISCOURSE ANALYSIS DAN IMPLEMENTASINYA BAGI PEMBENTUKAN ISLAMIC GOOD GOVERNANCE)
17203010042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Dalam konsep kenegaraan modern, salah satu unsur terpenting yang perlu dimiliki oleh suatu negara adalah konstruksi ideologi dan konstitusi. Sedemikian pentingnya fungsi ideologi dan konstitusi bagi suatu negara, sehingga dalam perumusannya seringkali melewati perdebatan yang tajam dengan melibatkan tokoh-tokoh yang berasal dari latar belakang yang bermacam-macam. Hal ini dilakukan guna mendapatkan sebuah rumusan ideologi dan konstitusi yang ideal bagi kehidupan bersama di sebuah negara. Namun demikian, seringkali sisi idealitas yang terkandung di dalam ideologi negara tidak menetes kepada sisi realitas sosialnya. Hal ini terjadi dalam konteks Indonesia. Selain itu, perdebatan seputar Islam dan Pancasila selalu mewarnai perjalanan kehidupan politik bangsa ini. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan untuk menemukan solusi dengan cara melakukan kajian terhadap seorang cendekiawan Muslim muda bernama Yudi Latif. Yudi Latif menawarkan gagasan paradigmatis dalam permasalahan ini. Guna menyelesaikan kajian ini, penulis memilih untuk melalukan kajian yang bertumpu kepada jenis penelitian kualitatif yang memfokuskan diri untuk mengkaji mengenai ide, konsep, gagasan serta karya dari seorang tokoh. Untuk mengkaji ide, konsep, dan gagasan tokoh tersebut penulis menekankan kepada model analisis wacana sosial dengan paradigma kritis. Paradigma kritis ini digunakan untuk mendapatkan sebuah hasil yang komprehensif mengenai sebuah wacana atau gagasan karena pengkajian yang dilakukan berusaha untuk menghubungkan antara teks dan konteks yang melatarbelakanginya. Sementara itu, pendekatan yang digunakan adalah analisis wacana - historis sosial - filosofis dan teori critical discourse analysis model Norman Fairclough, teori pembangunan peradaban versi Malik Bennabi, serta teori kenegaraan versi Ibnu Rusyd. Dalam kajian ini akan didapatkan sebuah gambaran bahwa sebagai seorang intelektual, Yudi Latif telah melakukan pekerjaan intelektual yang baik dengan mencoba melakukan sintesis dari setiap pandangan para pendiri bangsa mengenai Pancasila. Sementara itu, mengenai gagasannya tentang relasi hubungan agama dan negara, pemikiran Yudi Latif banyak dipengaruhi oleh Nurcholish Madjid, sehingga kecenderungan keberagamaan yang nampak adalah model keberagamaan yang inklusif dan liberal. Pemahaman seperti ini berimplikasi kepada upaya untuk membedakan (separation) antara urusan agama dan negara, namun dalam hal ini agama diharapkan dapat menyemai nilai-nilai etis dalam kehidupan Negara, seperti persamaan, keadilan, kesejahteraan, kebebasan, dan keamanan. Nilainilai inilah yang digunakan sebagai modal untuk membentuk Islamic Good Governance.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Kamsi, M.A.
Uncontrolled Keywords: Yudi Latif, Relasi Agama dan Negara, Pancasila, Studi Tokoh.
Subjects: Politik Islam dan Demokrasi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Oct 2020 09:07
Last Modified: 20 Oct 2020 09:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38670

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum