KEHARMONISAN KELUARGA PERKAWINAN ANTAR SUKU SAMIN DAN SUKU JAWA DI DESA KLOPODUWUR KECAMATAN BANJAREJO KABUPATEN BLORA PROVINSI JAWA TENGAH

AHMAD NASRUL ULUM, S.H., NIM: 17203011013 (2019) KEHARMONISAN KELUARGA PERKAWINAN ANTAR SUKU SAMIN DAN SUKU JAWA DI DESA KLOPODUWUR KECAMATAN BANJAREJO KABUPATEN BLORA PROVINSI JAWA TENGAH. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KEHARMONISAN KELUARGA PERKAWINAN ANTAR SUKU SAMIN DAN SUKU JAWA DI DESA KLOPODUWUR KECAMATAN BANJAREJO KABUPATEN BLORA PROVINSI JAWA TENGAH)
17203011013_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (KEHARMONISAN KELUARGA PERKAWINAN ANTAR SUKU SAMIN DAN SUKU JAWA DI DESA KLOPODUWUR KECAMATAN BANJAREJO KABUPATEN BLORA PROVINSI JAWA TENGAH)
17203011013_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini didasari oleh banyaknya perkawinan antara Suku Samin dan Suku Jawa di Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015-2018, perkawinan tersebut menciptakan berbagai hal baik mengenai interaksi antar suku, menyesuaian budaya-budaya antara pasangan suami dan isteri, dan bagaimana seorang pelaku perkawinan antara Suku Samin dan Suku Jawa tersebut menciptakan sebuah hubungan keluarga yang harmonis dan bahagia di dalam rumah tangganya. Perkawinan antar suku di Desa Klopoduwur terutama Suku Samin dan Suku Jawa menjadi sesuatu yang lumrah dan biasa yang karena memang dilihat dari segi geografisnya lokasi Desa Klopoduwur yang mayoritas suku Samin berada di tengah-tengah pulau Jawa dan berdampingan langsung dengan masyarakat suku Jawa, perkawinan antar suku yang juga merupakan suatu hal yang dibolehkan dalam ajaran Sikep maupun ajaran budaya Jawa, dan menciptakan sebuah pekerjaan rumah para pelaku perkawinan antar suku untuk bisa menyesuaikan dirinya dan mempertahankan rumah tangganya supaya tetap harmonis dan rukun. Penelitian ini menggunakan metode field research. Sumber data pada penelitian ini meliputi sumber data primer yang berasal dari hasil wawancara dengan tokoh masyarakat dan pelaku perkawinan antar suku, selain itu data sekunder yang berasal dari kepustakaan serta dokumen-dokumen yang telah tersedia yang ada hubungannya dengan penelitian ini. Dalam penyusunan tesis ini, penulis menggunakan metode pendekatan sosiologi hukum Islam yaitu pendekatan yang melihat suatu gejala-gejala yang terjadi di dalam rumah tangga dengan dikaitkan dengan ajaran-ajaran agama Islam. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa sepuluh pasangan yang melangsungkan perkawinan antar suku pada Suku Samin dan Suku Jawa di Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora Provinsi Jawa Tengah Tahun 2005-2018 yaitu para pasangan perkawinan antar suku terbilang cukup harmonis dengan diterbukti bahwa antara pasangan baik suami dan isteri saling setia dan dapat menjalankan rutinitasnya dengan baik dan adil atau terlihat disiplin. Kesetiaan dan kedisiplinan menjadikan sesuatu hal yang sangat dijalankan karena masyarakat suku Samin menilai bahwa standar harmonis jika memiliki pasangan yang setia dan giat atau disiplin.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: DR. SRI WAHYUNI, S. AG, M., AG., M. HUM
Uncontrolled Keywords: Perkawinan antar Suku Samin dan Suku Jawa, Harmonis
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Islam (S-2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Oct 2020 12:08
Last Modified: 20 Oct 2020 12:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38688

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum