PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU TEKS BAHASA ARAB BERBASIS KONTEKSTUAL BAGI SISWA KELAS X SMA UII BANGUNTAPAN BANTUL

Muhammad Sirojudin Nur, NIM: 1520411066 (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU TEKS BAHASA ARAB BERBASIS KONTEKSTUAL BAGI SISWA KELAS X SMA UII BANGUNTAPAN BANTUL. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU TEKS BAHASA ARAB BERBASIS KONTEKSTUAL BAGI SISWA KELAS X SMA UII BANGUNTAPAN BANTUL)
1520411066_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BUKU TEKS BAHASA ARAB BERBASIS KONTEKSTUAL BAGI SISWA KELAS X SMA UII BANGUNTAPAN BANTUL)
1520411066_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum tersedianya buku teks bahasa Arab yang sesuai dengan kurikulum 2013, kebutuhan, dan karakteristik siswa kelas X SMA UII Banguntapan Bantul. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar buku teks bahasa Arab berbasis kontekstual yang dapat digunakan di sekolah tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Reseach & Development) dengan langkah-langkah pengembangannya sebagai berikut :potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, revisi pertama, ujicoba dan respons siswa, revisi kedua, dan produk akhir. Validasi dilakukan oleh dua ahli materi dan ahli desain. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA UII Banguntapan Bantul tahun ajaran 2019/2020. Data diperoleh menggunakan observasi, wawancara, dan angket atau kuesioner. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu nilai validasi buku teks oleh ahli materi pada aspek pembelajaran menghasilkan skor rata-rata 3,55 dengan kategori sangat baik dan pada aspek isi materi menghasilkan skor rata-rata 3,6 dengan kategori sangat baik. Nilai validasi oleh ahli desain pada aspek tampilan menghasilkan skor rata-rata 3,2 dengan kategori baik dan pada aspek penyajian menghasilkan skor rata-rata 3,65 dengan kategori sangat baik. Adapun hasil ujicoba menunjukkan hasil yang positif dan respons siswa sangat puas, yaitu dengan hasil kelas X MIPA 82,35% dinyatakan lulus dengan rata-rata nilai 78,1 melebihi KKM yang telah ditentukan yaitu 70 dan hasil kelas X IPS 73,68% dinyatakan lulus dengan rata-rata nilai 74,3 melebihi KKM yang telah ditentukan yaitu 70. Hasil prosentase kuesioner kepuasan siswa kelas X MIPA 82,3% dengan kategori sangat puas dan hasil prosentase kuesioner kepuasan siswa siswa kelas X IPS 88,5% dengan kategori sangat puas.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Zaenal Arifin Ahmad, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, SMA UII Banguntapan Bantul, Kontekstual
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Oct 2020 12:09
Last Modified: 20 Oct 2020 12:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38690

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum