KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISTEM BOARDING SCHOOL DI MADRASAH ALIYAH AL-FALAH GORONTALO

ADTMAN A. HASAN, NIM: 17204020001 (2019) KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISTEM BOARDING SCHOOL DI MADRASAH ALIYAH AL-FALAH GORONTALO. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISTEM BOARDING SCHOOL DI MADRASAH ALIYAH AL-FALAH GORONTALO)
17204020001_BAB-I_IV-atau-V_ DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (KURIKULUM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISTEM BOARDING SCHOOL DI MADRASAH ALIYAH AL-FALAH GORONTALO)
17204020001_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi terkait pengembangan kurikulum bahasa Arab di madrasah aliyah Al-Falah Gorontalo yang monoton dan kurang inovatif. Model pengembangan kurikulum bahasa Arab harus terus bermetamorfosa agar relevan dengan tuntutan perkembangan zaman. Peneliti tertarik mengangkat kajian terkait kurikulum pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Al-Falah dengan beberapa pertimbangan. Pertama, Madrasah aliyah al-Falah merupakan madrasah yang berada dibawah naungan kementerian agama yang dimana terdapat di dalamnya mata pelajaran bahasa Arab. Kedua, Madrasah Aliyah Al-Falah menggunakan sistem boarding school. Selain mereka belajar di sekolah mereka juga belajar di asrama dan salah satu yang dibelajarkan di asrama tersebut tentang bahasa Arab. Sehingga kurikulum di Madrasah Aliyah Al-Falah menarik untuk dikaji. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model pengembangan kurikulum pembelajaran bahasa Arab dan karakteristik pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Al-Falah Gorontalo. Penelitian ini menggunakan jenis field research atau penelitian lapangan, metode penelitian penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, yaitu penelitian tentang gambaran kurikulum pembelajaran bahasa Arab dengan sistem boarding school di MA al-Falah Gorontalo. Dari hasil penelitian penelitian yang dilakukan tersebut memberikan penjelasan bahwa: dalam pengembangan kurikulum di Madrasah Aliyah al-Falah Gorontalo berdasarkan beberapa landasan yaitu landasan yuridis, psikologis dan sosiolinguistik. Sedangkan model pengembangan kurikulum yang digunakan di Madrasah Aliyah al-Falah Gorontalo setelah dianalisis menggunakan model administratif dan model dari bawah (grass roots). karakteristik pembelajaran bahasa Arab sistem boarding school di Madrasah Aliyah Al-Falah berbeda dengan pembelajaran di sekolah lain. Yang membedakan Madrasah ini dengan sekolah yang lain yaitu kurikulum yang digunakan dan menggunakan sistem Islamic boarding school. Sehingga pembelajaran bahasa Arab bukan saja diajarkan di sekolah tetapi juga diajarkan di asrama. Madrasah Aliyah Al-Falah merupakan sekolah berasrama yang berada dalam naungan pondok pesantren Al-Falah. Sedangkan dalam implementasi kurikulum pembelajaran bahasa Arab di MA al-Falah terdapat beberapa faktor yang memperngaruhinya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Muhajir, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum, Pembelajaran Bahasa Arab, Sistem Boarding school
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Oct 2020 12:09
Last Modified: 20 Oct 2020 12:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38691

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum