PENGEMBANGAN MEDIA FLIPCHART BERTEMAKAN KELESTARIAN ALAM UNTUK MENGOPTIMALKAN KECERDASAN NATURALISTIK ANAK USIA DINI DI TK IT ZIA SALSABILA MEDAN

Nurul Zahriani Jf, NIM: 17204030028 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA FLIPCHART BERTEMAKAN KELESTARIAN ALAM UNTUK MENGOPTIMALKAN KECERDASAN NATURALISTIK ANAK USIA DINI DI TK IT ZIA SALSABILA MEDAN. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA FLIPCHART BERTEMAKAN KELESTARIAN ALAM UNTUK MENGOPTIMALKAN KECERDASAN NATURALISTIK ANAK USIA DINI DI TK IT ZIA SALSABILA MEDAN)
17204030028_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA FLIPCHART BERTEMAKAN KELESTARIAN ALAM UNTUK MENGOPTIMALKAN KECERDASAN NATURALISTIK ANAK USIA DINI DI TK IT ZIA SALSABILA MEDAN)
17204030028_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini mengenai pengembangan media flipchart bertemakan kelestarian alam untuk mengoptimalkan kecerdasan naturalistik, penelitian ini di latarbelakangi perlu upaya pembinaan sejak dini mengenai kelestarian alam untuk membangun spirit dan wawasan anak tentang pentingnya alam. Salah satu upaya dengan mengoptimalkan kecerdasan naturilistik (cerdas alam) anak di lingkup sekolah. Akan tetapi, media yang dapat dijadikan stimulus untuk mengoptimalkan kecerdasan naturalitik masih belum memadai ini karena beberapa penyebab seperti penggunaan media yang hanya sebatas memanfaatkan majalah anak dan lembar kerja (LK), serta tidak adanya taman untuk pelaksanaan berkebun, kurangnya kemampuan guru dalam penyediaan media yang kreatif & inovatif. Disini penggunaan flipchart bertemakan kelestarian alam ditawarkan sebagai media alternatif, karena media ini dapat memperjelas materi yang bersifat abstrak bagi anak dengan fitur-fitur gambar dan warna yang menarik serta efektif dan efesien untuk pembelajaran didalam ruangan. Pengembangan media flipchart, ini bertujuan 1) mengembangkan desain media, 2) kelayakan media, 3) keefektifan media untuk mengoptimalkan kecerdasan naturalistik anak. Pengembangan media ini menggunakan jenis penelitian R&D (Research and Development) oleh Borg and Gall, Prosedur pengembangan penelitian ini menggunakan enam langkah dalam penelitiannya. Jenis data dalam penelitian ini yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Hasil pengembangan media flipchart bertemakan kelestarian alam secera umum dinyatakan layak dan efektif digunakan. Hal itu berdasarkan dari hasil skor validasi materi yaitu 92%, ahli desain media yaitu 78%, dan ahli pembelajaran (guru kelas) yaitu 86%. Sementara itu, hasil efektifitas didapat dari hasil uji coba pada anak dengan hasil pre-test rata-rata 56 dan hasil post-test rata-rata 88. Kemudian, dari analisis diuji t menghasilkan thitung 16,965 dan ttabel 1,761 artinya thitung>ttabel. Hasil tersebut menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat optimalisasi perkembangan kecerdasan naturalistik anak kelompok B di TK IT Zia Salsabila Medan sebelum dan sesudah menggunakan media flipchart. Jadi, disimpulkan bahwa media flipchart bertemakan kelestarian alam layak dan efektif menjadi media untuk mengoptimalkan kecerdasan naturalistik anak usia dini di TK IT Zia Salsabila Medan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sukiman, S.Ag., MPd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, flipchart, kecerdasan naturalistik Anak
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2020 10:19
Last Modified: 21 Oct 2020 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38692

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum