PENERAPAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG DALAM PEMBENTUKAN NILAI AGAMA DAN MORAL DI KELOMPOK B PAUD AISYIYAH TERPADU BIRIN GANTIWARNO KABUPATEN KLATEN

Indra Fauzi, NIM: 17204030034 (2019) PENERAPAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG DALAM PEMBENTUKAN NILAI AGAMA DAN MORAL DI KELOMPOK B PAUD AISYIYAH TERPADU BIRIN GANTIWARNO KABUPATEN KLATEN. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG DALAM PEMBENTUKAN NILAI AGAMA DAN MORAL DI KELOMPOK B PAUD AISYIYAH TERPADU BIRIN GANTIWARNO KABUPATEN KLATEN)
17204030034_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA WAYANG DALAM PEMBENTUKAN NILAI AGAMA DAN MORAL DI KELOMPOK B PAUD AISYIYAH TERPADU BIRIN GANTIWARNO KABUPATEN KLATEN)
17204030034_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini berangkat dari fenomena penerapan metode bercerita menggunakan media wayang yang dilaksanakan pendidik untuk membentuk aspek perkembangan nilai agama dan moral kepada anak didik yang mengenyam pendidikan pada lembaga PAUD Aisyiyah Terpadu Birin Gantiwarno Kabupaten Klaten. Tujuan dari penelitian adalah: (1) Menelaah tentang mengapa lembaga PAUD Aisyiyah Terpadu Birin Gantiwarno Kabupaten Klaten lebih menggunakan media wayang dalam membentuk aspek perkembangan nilai agama dan moral kepada anak didik kelompok B. (2) Mengkaji proses penerapan metode bercerita menggunakan media wayang dalam membentuk nilai agama dan moral di kelompok B. (3) Menjelaskan hasil penerapan metode bercerita menggunakan media wayang dalam membentuk nilai agama dan moral di kelompok B PAUD Aisyiyah Terpadu Birin Gantiwarno Kabupaten Klaten. Penelitian ini tergolong jenis lapangan karena data yang diperoleh berasal dari Lembaga PAUD Aisyiyah Terpadu Birin Ganti Warno Kabupaten Klaten. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berjenis kualitatif karena berupaya untuk mengkaji dan menelaah fenomena perkembangan nilai agama dan moral yang dialami anak didik di Kelompok B. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan fenomenologi karena menelaah peristiwa yang memengaruhi kondisi aspek perkembangan nilai agama dan moral anak didik kelompok B. Sementara teknik pengumpulan data yang terdapat dalam penelitian ini dilaksanakan melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penerapan metode bercerita dapat mempermudah pembentukan aspek perkembangan agama dan moral anak didik di kelompok B pada PAUD Aisyiyah Terpadu Birin Ganti Warno Klaten. Nilai-nilai agama yang berhasil dibentuk pendidik menggunakan metode bercerita dengan memanfaatkan media wayang berupa nilai tauhid, nilai akidah, nilai akhlak, nilai ibadah dan nilai agama lainnya. Sedangkan nilai moral yang berhasil dibentuk pendidik melalui penerapan metode bercerita menggunakan media wayang terdiri dari perilaku jujur, rasa hormat, sikap disiplin, sikap toleransi, dan tolong menolong. Media wayang yang digunakan pendidik untuk menstimulasi aspek perkembangan nilai agama dan moral anak didik di kelompok B menggunakan tiga jenis media wayang yang terdiri dari media wayang kulit Punakawan dan Mahabrata, wayang kartun Ali dan Aisyah serta wayang mini atau yang lebih dikenal dengan wayang Kerucil.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode bercerita, media wayang, pembentukan nilai agama dan moral
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2020 10:22
Last Modified: 21 Oct 2020 10:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38694

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum