PEMBINAAN KECERDASAN SOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR MELALUI SISTEM FULL DAY SCHOOL (Studi di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta)

Afifah Zulfa Destiyanti, NIM: 17204080060 (2019) PEMBINAAN KECERDASAN SOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR MELALUI SISTEM FULL DAY SCHOOL (Studi di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN KECERDASAN SOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR MELALUI SISTEM FULL DAY SCHOOL (Studi di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta)
17204080060_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN KECERDASAN SOSIAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR MELALUI SISTEM FULL DAY SCHOOL (Studi di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta)
17204080060_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (5MB)

Abstract

Usia sekolah dasar merupakan suatu periode anak dimulai dari masuknya anak ke lingkungan sekolah yaitu mulai usia 6-12 tahun. Berawalnya anak pada masa sekolah menandakan bahwa adanya lingkungan sosial yang baru bagi anak, dalam hal ini sekolah memiliki pengaruh dalam perkembangan sosial anak. Dewasa ini muncul sekolah dengan sistem full day school yang mulai diterapkan di sekolah-sekolah dasar Islam di Indonesia. Tersedianya waktu yang relatif lama di lingkungan belajar SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarata, secara psikologis memungkinkan peserta didik terbiasa dengan kemandirian dan menumbuhkan sikap kesetiakawanan maupun sikap positif lainnya dalam perkembangan jiwanya, karena kecil kemungkinan terkontaminasi dengan lingkungan luar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan sosial anak usia sekolah dasar, untuk mengetahui langkah-langkah pembinaan kecerdasan sosial anak usia sekolah dasar dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pembinaan kecerdasan sosial anak usia sekolah dasar melalui sistem full day school di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Uji keabsahan data dalam penelitian menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: kecerdasan sosial anak usia sekolah dasar di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta terbilang tidak semua anak memiliki kecerdasan sosial, hal tersebut didasarkan pada analisa hasil pemahaman, sikap dan tingkah laku mengenai dimensi-dimensi kecerdasan sosial yaitu: dimensi Situational Awareness (Kesadaran Situasional), Presence (Kemampuan Membawa Diri), Authenticity (Keaslian dari Pribadi Individu), Clarity (Kejelasan), dan Empathy (Empati). Langkah- langkah pembinaan kecerdasan sosial anak usia sekolah dasar yang diterapkan di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta bertujuan untuk membentuk kecerdasan sosial pada masing-masing diri anak melalui pembiasaan-pembiasaan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Faktor-faktor yang mempengaruhi pembinaan kecerdasan sosial anak usia sekolah dasar di SD Muhammadiyah Karangbendo Yogyakarta ialah faktor kematangan fisik dan sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Karwadi, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembinaan, Kecerdasan Sosial, Anak Usia Sekolah Dasar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2) > Konsentrasi Guru Kelas
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 21 Oct 2020 13:24
Last Modified: 21 Oct 2020 13:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38705

Actions (login required)

View Item View Item